PENERAPAN E-LEARNING UNTUK MENUNJANG KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR BAGI GURU DI LINGKUNGAN PCM KARTASURA

Perkembangan teknologi dan komunikasi mempengaruhi kemampuan berpikir dan kreatifitas siswa. Perubahan tersebut memberikan pengaruh untuk mengoreksi kekurangan dari pembelajaran konvensional, dimana proses belajar menggunakan papan tulis sebagai sarana utama, bersifat statis dan guru menjadi satu-sa...

Description complète

Enregistré dans:
Détails bibliographiques
Auteur principal: Priyawati, Diah
Format: UMS Journal (OJS)
Langue:eng
Publié: Universitas Muhammadiyah Surakarta 2020
Sujets:
Accès en ligne:https://journals2.ums.ac.id/index.php/abditeknoyasa/article/view/48
Tags: Ajouter un tag
Pas de tags, Soyez le premier à ajouter un tag!
Description
Résumé:Perkembangan teknologi dan komunikasi mempengaruhi kemampuan berpikir dan kreatifitas siswa. Perubahan tersebut memberikan pengaruh untuk mengoreksi kekurangan dari pembelajaran konvensional, dimana proses belajar menggunakan papan tulis sebagai sarana utama, bersifat statis dan guru menjadi satu-satunya informasi. Selain itu, semakin banyak siswa yang harus ditangani guru dapat menurunkan kualitas mengajar. Pemanfaatan internet dalam proses belajar mengajar berupa e-learning mampu mengatasi kekurangan tersebut. Sehingga dilaksanakan kegiatan pengabdian berupa pelatihan penggunaan e-learning bagi guru-guru di lingkungan PCM Kartasura guna meningkatkan kompetensi guru. Kegiatan ini diikuti sebanyak 21 peserta. Metode pelatihan berupa penyajian materi dan pendampingan penggunaan e-learning. Survei dilakukan kepada peserta sebelum pelaksanaan pelatihan (pretest) dan setelah pelaksanaan pelatihan (posttest). Hasil pengolahan data instrumen tes menunjukkan bahwa pengetahuan mengenai e-learning meningkat sebesar 12.38% dan kemampuan mengelola e-learning meningkat sebanyak 22.86%.