IMPLEMENTASI GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALTERNATIF UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB RAHMAWATI KHOLID KARANGANYAR, JAWA TENGAH

Sekolah Luar Biasa (SLB) Rahmawati Kholid adalah sekolah dasar untuk pendidikan anak berkebutuhan khusus di kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Berdasarkan observasi serta wawancara yang telah dilakukan, terdapat permasalahan di Sekolah tersebut, yaitu mengenai media pembelajaran maupun alat bantu y...

Volledige beschrijving

Bewaard in:
Bibliografische gegevens
Hoofdauteurs: Al Irsyadi, Fatah Yasin, Gunawan, Dedi, Rahman, Ahmada Auliya, Kurniawan, Yogiek Indra
Formaat: UMS Journal (OJS)
Taal:eng
Gepubliceerd in: Universitas Muhammadiyah Surakarta 2023
Onderwerpen:
Online toegang:https://journals2.ums.ac.id/index.php/abditeknoyasa/article/view/2549
Tags: Voeg label toe
Geen labels, Wees de eerste die dit record labelt!
Omschrijving
Samenvatting:Sekolah Luar Biasa (SLB) Rahmawati Kholid adalah sekolah dasar untuk pendidikan anak berkebutuhan khusus di kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Berdasarkan observasi serta wawancara yang telah dilakukan, terdapat permasalahan di Sekolah tersebut, yaitu mengenai media pembelajaran maupun alat bantu yang masih sangat minim dan kurang menarik siswa. Pada saat ini, pembelajaran hanya 1 arah dari guru ke murid dengan alat bantu berupa buku dan papan tulis. Solusi yang dapat diberikan di SLB Rahmawati Kholid adalah dengan pengembangan teknologi pembelajaran berupa aplikasi game edukasi yang khusus bagi anak-anak berkebutuhan khusus untuk mengatasi masalah media pembelajaran. Kegiatan pengabdian terbagi menjadi beberapa tahap, yaitu analisis permasalahan (need assessment), perancangan aplikasi, implementasi aplikasi, pemaparan dan pelatihan kepada SLB Rahmawati Kholid, simulasi dan pengujian, serta maintenance dan follow up kepada mitra. Hasil dari pengabdian masyarakat yang telah dilakukan yaitu terbangunnya beberapa aplikasi edugame yang dapat digunakan oleh siswa SLB untuk belajar secara mandiri.