Penentuan Posisi dan Strategi Pemasaran Pada Perusahaan Firma Sidodadi [Studi Kasus di Kawasan Industri Logam Klaten)

Penelilian  clikawasan  indusrri  pengecoran  logam Klatett  ini, memberikan masukan bagi posisi perusahaan Firma Sidodadi  (FS) menghodapi  persaingan, dalom menghasilkan  produk logam, sehingga manajemen  Firma Sidodadi  dapat mempersiapkan  strategi  yang  aktif bagi kelangsungan hidup perusahaan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Suranto, Suranto, Yulianto, Agus
Format: UMS Journal (OJS)
Language:eng
Published: Department of Industrial Engineering Universitas Muhammadiyah Surakarta 2018
Subjects:
Online Access:https://journals.ums.ac.id/index.php/jiti/article/view/3338
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1805342434993897472
author Suranto, Suranto
Yulianto, Agus
author_facet Suranto, Suranto
Yulianto, Agus
author_sort Suranto, Suranto
collection OJS
description Penelilian  clikawasan  indusrri  pengecoran  logam Klatett  ini, memberikan masukan bagi posisi perusahaan Firma Sidodadi  (FS) menghodapi  persaingan, dalom menghasilkan  produk logam, sehingga manajemen  Firma Sidodadi  dapat mempersiapkan  strategi  yang  aktif bagi kelangsungan hidup perusahaan.  Perusahaan Firma Sidodadi  mempunyai  pesaing  terdekat yaitu Bonjor  Jaya  (BJ), Inti Baja  (lB) dan Solo Casting  (SC). Berdasarkan analisis rnatrik Boston Consulting  Group.  perusahaan  Firma  Sidodadi  berada pada  posisi Dogs,  dimana  pangsa pasar produk rendah  dan pertumbuhan  posar rendah.  CV Bonjor Jaya poda posisi Stars, pertumbuhan dan pangsa pasar  tinggi  dengan pesaing cukup  tinggi. CV Inti Bajo dan CV Solo Casting berada pada posisi Question Mark,  dimana perturnbuhan  pasar relatif  tinggi dan posisi  persaingan relatif rendah sehingga perusahaan  dapat menciptakan  kiat untuk menjadi market  leader. Berdasarkan  hasil analisis matrik SWOT  dan diagram  hubungan, perusahaan Firma Sidodadi sedini mungkin,  harus mempersiapkan  kemampuan  yang dimiliki,  baik  faktor internal  dan  faktor eksternal, berupa ; peningkatan  kegiatan promosi dan segmentasi  pasar,  peningkatan kerjasama dengan para  kolega, pengembangan keanekaragaman produk, penciptaan  kualitas  produksi. Pelayanan  yang  optimal  pada pelanggan,  dan peningkatan  kerjasama dengan  pesaing.
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-3338
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language eng
publishDate 2018
publisher Department of Industrial Engineering Universitas Muhammadiyah Surakarta
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-3338 Penentuan Posisi dan Strategi Pemasaran Pada Perusahaan Firma Sidodadi [Studi Kasus di Kawasan Industri Logam Klaten) Suranto, Suranto Yulianto, Agus Persaingan; Diagram Hubungan; Boston Consulting Group; Matrik SWOT Penelilian  clikawasan  indusrri  pengecoran  logam Klatett  ini, memberikan masukan bagi posisi perusahaan Firma Sidodadi  (FS) menghodapi  persaingan, dalom menghasilkan  produk logam, sehingga manajemen  Firma Sidodadi  dapat mempersiapkan  strategi  yang  aktif bagi kelangsungan hidup perusahaan.  Perusahaan Firma Sidodadi  mempunyai  pesaing  terdekat yaitu Bonjor  Jaya  (BJ), Inti Baja  (lB) dan Solo Casting  (SC). Berdasarkan analisis rnatrik Boston Consulting  Group.  perusahaan  Firma  Sidodadi  berada pada  posisi Dogs,  dimana  pangsa pasar produk rendah  dan pertumbuhan  posar rendah.  CV Bonjor Jaya poda posisi Stars, pertumbuhan dan pangsa pasar  tinggi  dengan pesaing cukup  tinggi. CV Inti Bajo dan CV Solo Casting berada pada posisi Question Mark,  dimana perturnbuhan  pasar relatif  tinggi dan posisi  persaingan relatif rendah sehingga perusahaan  dapat menciptakan  kiat untuk menjadi market  leader. Berdasarkan  hasil analisis matrik SWOT  dan diagram  hubungan, perusahaan Firma Sidodadi sedini mungkin,  harus mempersiapkan  kemampuan  yang dimiliki,  baik  faktor internal  dan  faktor eksternal, berupa ; peningkatan  kegiatan promosi dan segmentasi  pasar,  peningkatan kerjasama dengan para  kolega, pengembangan keanekaragaman produk, penciptaan  kualitas  produksi. Pelayanan  yang  optimal  pada pelanggan,  dan peningkatan  kerjasama dengan  pesaing. Department of Industrial Engineering Universitas Muhammadiyah Surakarta 2018-03-26 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/jiti/article/view/3338 10.23917/jiti.v1i3.3338 Jurnal Ilmiah Teknik Industri; Vol. 1, No. 3, April 2003 Jurnal Ilmiah Teknik Industri; Vol. 1, No. 3, April 2003 2460-4038 1412-6869 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/jiti/article/view/3338/2119 Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah Teknik Industri http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
spellingShingle Persaingan; Diagram Hubungan; Boston Consulting Group; Matrik SWOT
Suranto, Suranto
Yulianto, Agus
Penentuan Posisi dan Strategi Pemasaran Pada Perusahaan Firma Sidodadi [Studi Kasus di Kawasan Industri Logam Klaten)
title Penentuan Posisi dan Strategi Pemasaran Pada Perusahaan Firma Sidodadi [Studi Kasus di Kawasan Industri Logam Klaten)
title_full Penentuan Posisi dan Strategi Pemasaran Pada Perusahaan Firma Sidodadi [Studi Kasus di Kawasan Industri Logam Klaten)
title_fullStr Penentuan Posisi dan Strategi Pemasaran Pada Perusahaan Firma Sidodadi [Studi Kasus di Kawasan Industri Logam Klaten)
title_full_unstemmed Penentuan Posisi dan Strategi Pemasaran Pada Perusahaan Firma Sidodadi [Studi Kasus di Kawasan Industri Logam Klaten)
title_short Penentuan Posisi dan Strategi Pemasaran Pada Perusahaan Firma Sidodadi [Studi Kasus di Kawasan Industri Logam Klaten)
title_sort penentuan posisi dan strategi pemasaran pada perusahaan firma sidodadi studi kasus di kawasan industri logam klaten
topic Persaingan; Diagram Hubungan; Boston Consulting Group; Matrik SWOT
topic_facet Persaingan; Diagram Hubungan; Boston Consulting Group; Matrik SWOT
url https://journals.ums.ac.id/index.php/jiti/article/view/3338
work_keys_str_mv AT surantosuranto penentuanposisidanstrategipemasaranpadaperusahaanfirmasidodadistudikasusdikawasanindustrilogamklaten
AT yuliantoagus penentuanposisidanstrategipemasaranpadaperusahaanfirmasidodadistudikasusdikawasanindustrilogamklaten