Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Toleran-si bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru di sekolah dalam menanamkan karakter toleransi dalam pembelajaran kepada peserta didik di sekolah inklusi dengan adanya ABK di kelas serta untuk menguraikan dampak dari penguatan karakter toleransi setelah pengimplementasian pendidikan karakt...
Saved in:
Main Authors: | , , , , |
---|---|
Format: | UMS Journal (OJS) |
Language: | eng |
Published: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
2024
|
Subjects: | |
Online Access: | https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/23653 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1805340845515210752 |
---|---|
author | Fayza, Aulia Maulida Amalia, Nur Utami, Ratnasari Dyah Purnomo, Eko Maulana, Mahesa |
author_facet | Fayza, Aulia Maulida Amalia, Nur Utami, Ratnasari Dyah Purnomo, Eko Maulana, Mahesa |
author_sort | Fayza, Aulia Maulida |
collection | OJS |
description | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru di sekolah dalam menanamkan karakter toleransi dalam pembelajaran kepada peserta didik di sekolah inklusi dengan adanya ABK di kelas serta untuk menguraikan dampak dari penguatan karakter toleransi setelah pengimplementasian pendidikan karakter toleransi bagi anak normal. Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif induktif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru kelas, guru, guru pendamping kelas serta siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara kepala sekolah dan guru, observasi siswa dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pengimplementasian penanaman karakter toleransi merujuk pada kurikulum Dinas Pendidikan, Ismuba Sekolah Alam. Penerapan ini diintegrasikan baik di dalam maupun di luar pembelajaran dalam bentuk kebiasaan sehari-hari. (2) Siswa menunjukkan sikap menyayangi, menghargai, serta menghormati terhadap perbedaan yang artinya telah terjadi keberhasilan dalam implementasi penanaman pendidikan karakter toleransi yang dilakukan guru. |
format | UMS Journal (OJS) |
id | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-23653 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | eng |
publishDate | 2024 |
publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta |
record_format | ojs |
spelling | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-23653 Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Toleran-si bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi Fayza, Aulia Maulida Amalia, Nur Utami, Ratnasari Dyah Purnomo, Eko Maulana, Mahesa pendidikan karakter; sekolah inklusi; siswa berkebutuhan khusus Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru di sekolah dalam menanamkan karakter toleransi dalam pembelajaran kepada peserta didik di sekolah inklusi dengan adanya ABK di kelas serta untuk menguraikan dampak dari penguatan karakter toleransi setelah pengimplementasian pendidikan karakter toleransi bagi anak normal. Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif induktif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru kelas, guru, guru pendamping kelas serta siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara kepala sekolah dan guru, observasi siswa dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pengimplementasian penanaman karakter toleransi merujuk pada kurikulum Dinas Pendidikan, Ismuba Sekolah Alam. Penerapan ini diintegrasikan baik di dalam maupun di luar pembelajaran dalam bentuk kebiasaan sehari-hari. (2) Siswa menunjukkan sikap menyayangi, menghargai, serta menghormati terhadap perbedaan yang artinya telah terjadi keberhasilan dalam implementasi penanaman pendidikan karakter toleransi yang dilakukan guru. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta Universitas Muhammadiyah Surakarta 2024-06-19 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/23653 10.23917/bkkndik.v6i1.23653 Buletin KKN Pendidikan; Vol. 6, No. 1, Juni 2024; 1-19 2716-0327 10.23917/bkkndik.v6i1 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/23653/9014 Copyright (c) 2024 Aulia Maulida Fayza, Nur Amalia, Ratnasari Dyah Utami, Eko Purnomo, Mahesa Maulana https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
spellingShingle | pendidikan karakter; sekolah inklusi; siswa berkebutuhan khusus Fayza, Aulia Maulida Amalia, Nur Utami, Ratnasari Dyah Purnomo, Eko Maulana, Mahesa Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Toleran-si bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi |
title | Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Toleran-si bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi |
title_full | Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Toleran-si bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi |
title_fullStr | Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Toleran-si bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi |
title_full_unstemmed | Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Toleran-si bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi |
title_short | Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Toleran-si bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi |
title_sort | peran guru dalam pendidikan karakter toleran si bagi siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusi |
topic | pendidikan karakter; sekolah inklusi; siswa berkebutuhan khusus |
topic_facet | pendidikan karakter; sekolah inklusi; siswa berkebutuhan khusus |
url | https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/23653 |
work_keys_str_mv | AT fayzaauliamaulida perangurudalampendidikankaraktertoleransibagisiswaberkebutuhankhususdisekolahinklusi AT amalianur perangurudalampendidikankaraktertoleransibagisiswaberkebutuhankhususdisekolahinklusi AT utamiratnasaridyah perangurudalampendidikankaraktertoleransibagisiswaberkebutuhankhususdisekolahinklusi AT purnomoeko perangurudalampendidikankaraktertoleransibagisiswaberkebutuhankhususdisekolahinklusi AT maulanamahesa perangurudalampendidikankaraktertoleransibagisiswaberkebutuhankhususdisekolahinklusi |