Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Toleran-si bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru di sekolah dalam menanamkan karakter toleransi dalam pembelajaran kepada peserta didik di sekolah inklusi dengan adanya ABK di kelas serta untuk menguraikan dampak dari penguatan karakter toleransi setelah pengimplementasian pendidikan karakt...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Fayza, Aulia Maulida, Amalia, Nur, Utami, Ratnasari Dyah, Purnomo, Eko, Maulana, Mahesa
Format: UMS Journal (OJS)
Language:eng
Published: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2024
Subjects:
Online Access:https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/23653
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1805340845515210752
author Fayza, Aulia Maulida
Amalia, Nur
Utami, Ratnasari Dyah
Purnomo, Eko
Maulana, Mahesa
author_facet Fayza, Aulia Maulida
Amalia, Nur
Utami, Ratnasari Dyah
Purnomo, Eko
Maulana, Mahesa
author_sort Fayza, Aulia Maulida
collection OJS
description Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru di sekolah dalam menanamkan karakter toleransi dalam pembelajaran kepada peserta didik di sekolah inklusi dengan adanya ABK di kelas serta untuk menguraikan dampak dari penguatan karakter toleransi setelah pengimplementasian pendidikan karakter toleransi bagi anak normal. Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif induktif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru kelas, guru, guru pendamping kelas serta siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara kepala sekolah dan guru, observasi siswa dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pengimplementasian penanaman karakter toleransi merujuk pada kurikulum Dinas Pendidikan, Ismuba Sekolah Alam. Penerapan ini diintegrasikan baik di dalam maupun di luar pembelajaran dalam bentuk kebiasaan sehari-hari.  (2) Siswa menunjukkan sikap menyayangi, menghargai, serta menghormati terhadap perbedaan yang artinya telah terjadi keberhasilan dalam implementasi penanaman pendidikan karakter toleransi yang dilakukan guru.
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-23653
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language eng
publishDate 2024
publisher Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-23653 Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Toleran-si bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi Fayza, Aulia Maulida Amalia, Nur Utami, Ratnasari Dyah Purnomo, Eko Maulana, Mahesa pendidikan karakter; sekolah inklusi; siswa berkebutuhan khusus Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru di sekolah dalam menanamkan karakter toleransi dalam pembelajaran kepada peserta didik di sekolah inklusi dengan adanya ABK di kelas serta untuk menguraikan dampak dari penguatan karakter toleransi setelah pengimplementasian pendidikan karakter toleransi bagi anak normal. Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif induktif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru kelas, guru, guru pendamping kelas serta siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara kepala sekolah dan guru, observasi siswa dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pengimplementasian penanaman karakter toleransi merujuk pada kurikulum Dinas Pendidikan, Ismuba Sekolah Alam. Penerapan ini diintegrasikan baik di dalam maupun di luar pembelajaran dalam bentuk kebiasaan sehari-hari.  (2) Siswa menunjukkan sikap menyayangi, menghargai, serta menghormati terhadap perbedaan yang artinya telah terjadi keberhasilan dalam implementasi penanaman pendidikan karakter toleransi yang dilakukan guru. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta Universitas Muhammadiyah Surakarta 2024-06-19 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/23653 10.23917/bkkndik.v6i1.23653 Buletin KKN Pendidikan; Vol. 6, No. 1, Juni 2024; 1-19 2716-0327 10.23917/bkkndik.v6i1 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/23653/9014 Copyright (c) 2024 Aulia Maulida Fayza, Nur Amalia, Ratnasari Dyah Utami, Eko Purnomo, Mahesa Maulana https://creativecommons.org/licenses/by/4.0
spellingShingle pendidikan karakter; sekolah inklusi; siswa berkebutuhan khusus
Fayza, Aulia Maulida
Amalia, Nur
Utami, Ratnasari Dyah
Purnomo, Eko
Maulana, Mahesa
Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Toleran-si bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi
title Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Toleran-si bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi
title_full Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Toleran-si bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi
title_fullStr Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Toleran-si bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi
title_full_unstemmed Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Toleran-si bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi
title_short Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Toleran-si bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi
title_sort peran guru dalam pendidikan karakter toleran si bagi siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusi
topic pendidikan karakter; sekolah inklusi; siswa berkebutuhan khusus
topic_facet pendidikan karakter; sekolah inklusi; siswa berkebutuhan khusus
url https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/23653
work_keys_str_mv AT fayzaauliamaulida perangurudalampendidikankaraktertoleransibagisiswaberkebutuhankhususdisekolahinklusi
AT amalianur perangurudalampendidikankaraktertoleransibagisiswaberkebutuhankhususdisekolahinklusi
AT utamiratnasaridyah perangurudalampendidikankaraktertoleransibagisiswaberkebutuhankhususdisekolahinklusi
AT purnomoeko perangurudalampendidikankaraktertoleransibagisiswaberkebutuhankhususdisekolahinklusi
AT maulanamahesa perangurudalampendidikankaraktertoleransibagisiswaberkebutuhankhususdisekolahinklusi