Perbedaan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita antara Siswa Bergaya Kognitif Reflektif dan Impulsif
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan dua variabel yaitu kemampuan menyelesaikan soal cerita pokok bahasan volume kubus-balok antara siswa yang bergaya kognitif Reflektif dan siswa yang bergaya kognitif Impulsif kelas V sekolah dasar. Sampel pada penelitian ini adalah 19 siswa kelas V MI Nuru...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | UMS Journal (OJS) |
Language: | eng |
Published: |
Universitas Muhammadiyah Surakarta
2016
|
Subjects: | |
Online Access: | https://journals.ums.ac.id/index.php/jramathedu/article/view/1775 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1805342446022819840 |
---|---|
author | Fadiana, Mu'jizatin |
author_facet | Fadiana, Mu'jizatin |
author_sort | Fadiana, Mu'jizatin |
collection | OJS |
description | Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan dua variabel yaitu kemampuan menyelesaikan soal cerita pokok bahasan volume kubus-balok antara siswa yang bergaya kognitif Reflektif dan siswa yang bergaya kognitif Impulsif kelas V sekolah dasar. Sampel pada penelitian ini adalah 19 siswa kelas V MI Nurul Huda Ketambul Palang Tuban. Instrumen yang digunakan adalah tes MFF (Matching Familiar Figures) dan tes kemampuan menyelesaikan soal cerita. Statistik uji yang digunakan adalah Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan kemampuan menyelesaikan soal cerita antara siswa bergaya kognitif reflektif dan siswa bergaya kognitif impulsif kelas V sekolah dasar. |
format | UMS Journal (OJS) |
id | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-1775 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | eng |
publishDate | 2016 |
publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
record_format | ojs |
spelling | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-1775 Perbedaan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita antara Siswa Bergaya Kognitif Reflektif dan Impulsif Fadiana, Mu'jizatin mathematics education gaya kognitif impulsif, gaya kognitif reflektif, kemampuan menyelesaikan soal cerita Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan dua variabel yaitu kemampuan menyelesaikan soal cerita pokok bahasan volume kubus-balok antara siswa yang bergaya kognitif Reflektif dan siswa yang bergaya kognitif Impulsif kelas V sekolah dasar. Sampel pada penelitian ini adalah 19 siswa kelas V MI Nurul Huda Ketambul Palang Tuban. Instrumen yang digunakan adalah tes MFF (Matching Familiar Figures) dan tes kemampuan menyelesaikan soal cerita. Statistik uji yang digunakan adalah Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan kemampuan menyelesaikan soal cerita antara siswa bergaya kognitif reflektif dan siswa bergaya kognitif impulsif kelas V sekolah dasar. Universitas Muhammadiyah Surakarta 2016-05-03 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/jramathedu/article/view/1775 10.23917/jramathedu.v1i1.1775 JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education); Vol. 1, No. 1, January 2016; 79-89 2541-2590 2503-3697 10.23917/jramathedu.v1i1 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/jramathedu/article/view/1775/1231 Copyright (c) 2016 Journal of Research and Advances in Mathematics Education |
spellingShingle | mathematics education gaya kognitif impulsif, gaya kognitif reflektif, kemampuan menyelesaikan soal cerita Fadiana, Mu'jizatin Perbedaan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita antara Siswa Bergaya Kognitif Reflektif dan Impulsif |
title | Perbedaan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita antara Siswa Bergaya Kognitif Reflektif dan Impulsif |
title_full | Perbedaan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita antara Siswa Bergaya Kognitif Reflektif dan Impulsif |
title_fullStr | Perbedaan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita antara Siswa Bergaya Kognitif Reflektif dan Impulsif |
title_full_unstemmed | Perbedaan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita antara Siswa Bergaya Kognitif Reflektif dan Impulsif |
title_short | Perbedaan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita antara Siswa Bergaya Kognitif Reflektif dan Impulsif |
title_sort | perbedaan kemampuan menyelesaikan soal cerita antara siswa bergaya kognitif reflektif dan impulsif |
topic | mathematics education gaya kognitif impulsif, gaya kognitif reflektif, kemampuan menyelesaikan soal cerita |
topic_facet | mathematics education gaya kognitif impulsif, gaya kognitif reflektif, kemampuan menyelesaikan soal cerita |
url | https://journals.ums.ac.id/index.php/jramathedu/article/view/1775 |
work_keys_str_mv | AT fadianamujizatin perbedaankemampuanmenyelesaikansoalceritaantarasiswabergayakognitifreflektifdanimpulsif |