Perbedaan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita antara Siswa Bergaya Kognitif Reflektif dan Impulsif

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan dua variabel yaitu kemampuan menyelesaikan soal cerita pokok bahasan volume kubus-balok antara siswa yang bergaya kognitif Reflektif dan siswa yang bergaya kognitif Impulsif kelas V sekolah dasar. Sampel pada penelitian ini adalah 19 siswa kelas V MI Nuru...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Fadiana, Mu'jizatin
Format: UMS Journal (OJS)
Language:eng
Published: Universitas Muhammadiyah Surakarta 2016
Subjects:
Online Access:https://journals.ums.ac.id/index.php/jramathedu/article/view/1775
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1805342446022819840
author Fadiana, Mu'jizatin
author_facet Fadiana, Mu'jizatin
author_sort Fadiana, Mu'jizatin
collection OJS
description Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan dua variabel yaitu kemampuan menyelesaikan soal cerita pokok bahasan volume kubus-balok antara siswa yang bergaya kognitif Reflektif dan siswa yang bergaya kognitif Impulsif kelas V sekolah dasar. Sampel pada penelitian ini adalah 19 siswa kelas V MI Nurul Huda Ketambul Palang Tuban. Instrumen yang digunakan adalah tes MFF (Matching Familiar Figures) dan tes kemampuan menyelesaikan soal cerita. Statistik uji yang digunakan adalah Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan kemampuan menyelesaikan soal cerita antara siswa bergaya kognitif reflektif dan siswa bergaya kognitif impulsif kelas V sekolah dasar.
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-1775
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language eng
publishDate 2016
publisher Universitas Muhammadiyah Surakarta
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-1775 Perbedaan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita antara Siswa Bergaya Kognitif Reflektif dan Impulsif Fadiana, Mu'jizatin mathematics education gaya kognitif impulsif, gaya kognitif reflektif, kemampuan menyelesaikan soal cerita Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan dua variabel yaitu kemampuan menyelesaikan soal cerita pokok bahasan volume kubus-balok antara siswa yang bergaya kognitif Reflektif dan siswa yang bergaya kognitif Impulsif kelas V sekolah dasar. Sampel pada penelitian ini adalah 19 siswa kelas V MI Nurul Huda Ketambul Palang Tuban. Instrumen yang digunakan adalah tes MFF (Matching Familiar Figures) dan tes kemampuan menyelesaikan soal cerita. Statistik uji yang digunakan adalah Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan kemampuan menyelesaikan soal cerita antara siswa bergaya kognitif reflektif dan siswa bergaya kognitif impulsif kelas V sekolah dasar. Universitas Muhammadiyah Surakarta 2016-05-03 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/jramathedu/article/view/1775 10.23917/jramathedu.v1i1.1775 JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education); Vol. 1, No. 1, January 2016; 79-89 2541-2590 2503-3697 10.23917/jramathedu.v1i1 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/jramathedu/article/view/1775/1231 Copyright (c) 2016 Journal of Research and Advances in Mathematics Education
spellingShingle mathematics education
gaya kognitif impulsif, gaya kognitif reflektif, kemampuan menyelesaikan soal cerita
Fadiana, Mu'jizatin
Perbedaan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita antara Siswa Bergaya Kognitif Reflektif dan Impulsif
title Perbedaan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita antara Siswa Bergaya Kognitif Reflektif dan Impulsif
title_full Perbedaan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita antara Siswa Bergaya Kognitif Reflektif dan Impulsif
title_fullStr Perbedaan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita antara Siswa Bergaya Kognitif Reflektif dan Impulsif
title_full_unstemmed Perbedaan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita antara Siswa Bergaya Kognitif Reflektif dan Impulsif
title_short Perbedaan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita antara Siswa Bergaya Kognitif Reflektif dan Impulsif
title_sort perbedaan kemampuan menyelesaikan soal cerita antara siswa bergaya kognitif reflektif dan impulsif
topic mathematics education
gaya kognitif impulsif, gaya kognitif reflektif, kemampuan menyelesaikan soal cerita
topic_facet mathematics education
gaya kognitif impulsif, gaya kognitif reflektif, kemampuan menyelesaikan soal cerita
url https://journals.ums.ac.id/index.php/jramathedu/article/view/1775
work_keys_str_mv AT fadianamujizatin perbedaankemampuanmenyelesaikansoalceritaantarasiswabergayakognitifreflektifdanimpulsif