Sistem Four Day Four Places sebagai Bentuk Pendalaman Materi Ajar Pendidikan Sekolah Dasar

Kelas 6 SD memerlukan perhatian khsusus dalam pendampingan kegiatan belajar karena akan melaksanakan Penilaian Akhir Ta-hun (PAT) sebagai bekal untuk melanjutkan sekolah ke jenjang selanjutnya. Tim KKN-Dik FKIP UMS melakukan pengabdian di SD Muhammadiyah Program Khusus Tumang pada 1 Februari sampai...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Cahyati, Jeni Nur, Setiani, Febri, Suharyanto, Suharyanto, Sholiha, Husna Imro’atush, Giyoto, Giyoto
Format: UMS Journal (OJS)
Language:eng
Published: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2021
Subjects:
Online Access:https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/15694
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1805340846906671104
author Cahyati, Jeni Nur
Setiani, Febri
Suharyanto, Suharyanto
Sholiha, Husna Imro’atush
Giyoto, Giyoto
author_facet Cahyati, Jeni Nur
Setiani, Febri
Suharyanto, Suharyanto
Sholiha, Husna Imro’atush
Giyoto, Giyoto
author_sort Cahyati, Jeni Nur
collection OJS
description Kelas 6 SD memerlukan perhatian khsusus dalam pendampingan kegiatan belajar karena akan melaksanakan Penilaian Akhir Ta-hun (PAT) sebagai bekal untuk melanjutkan sekolah ke jenjang selanjutnya. Tim KKN-Dik FKIP UMS melakukan pengabdian di SD Muhammadiyah Program Khusus Tumang pada 1 Februari sampai 6 Mareet 2021. Salah satu program yang diusung ialah pem-berdayaan kelompok belajar untuk kelas 6. Pemberdayaan ke-lompok belajar home visit dengan sistem four day four places. Tujuan kegiatan ini adalah sebagai bentuk pendalaman materi kelas 6, khususnya Tematik dan Matematika. Strategi kegiatan ini terdiri dari tiga tahap, yaitu identifikasi karakateristik siswa di setiap kelompok belajar, penerapan sistem four day four places dengan dua tempat dalam satu hari, dan pendampingan kelompok belajar siswa dengan metode interaktif. Hasil kelompok belajar dengan four day four places dinilai efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi. Penggunaan metode number heads together untuk Tematik, membuat siswa aktif dan berani mengutarakan pendapat. Metode cerdas cermat untuk Ma-tematika, efektif untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar berhitung, karena terdapat aspek kompetensi di dalamnya. Kegiatan kelompok belajar sistem four day four places dengan penggunaan metode interaktif penting untuk ditindaklanjuti ka-rena efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa.
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-15694
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language eng
publishDate 2021
publisher Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-15694 Sistem Four Day Four Places sebagai Bentuk Pendalaman Materi Ajar Pendidikan Sekolah Dasar Cahyati, Jeni Nur Setiani, Febri Suharyanto, Suharyanto Sholiha, Husna Imro’atush Giyoto, Giyoto four day four places; kelompok belajar; materi ajar; metode interaktif Kelas 6 SD memerlukan perhatian khsusus dalam pendampingan kegiatan belajar karena akan melaksanakan Penilaian Akhir Ta-hun (PAT) sebagai bekal untuk melanjutkan sekolah ke jenjang selanjutnya. Tim KKN-Dik FKIP UMS melakukan pengabdian di SD Muhammadiyah Program Khusus Tumang pada 1 Februari sampai 6 Mareet 2021. Salah satu program yang diusung ialah pem-berdayaan kelompok belajar untuk kelas 6. Pemberdayaan ke-lompok belajar home visit dengan sistem four day four places. Tujuan kegiatan ini adalah sebagai bentuk pendalaman materi kelas 6, khususnya Tematik dan Matematika. Strategi kegiatan ini terdiri dari tiga tahap, yaitu identifikasi karakateristik siswa di setiap kelompok belajar, penerapan sistem four day four places dengan dua tempat dalam satu hari, dan pendampingan kelompok belajar siswa dengan metode interaktif. Hasil kelompok belajar dengan four day four places dinilai efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi. Penggunaan metode number heads together untuk Tematik, membuat siswa aktif dan berani mengutarakan pendapat. Metode cerdas cermat untuk Ma-tematika, efektif untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar berhitung, karena terdapat aspek kompetensi di dalamnya. Kegiatan kelompok belajar sistem four day four places dengan penggunaan metode interaktif penting untuk ditindaklanjuti ka-rena efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2021-12-03 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/15694 10.23917/bkkndik.v3i2.15694 Buletin KKN Pendidikan; Vol. 3, No. 2, Desember 2021; 117-126 2716-0327 10.23917/bkkndik.v3i2 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/15694/7046 https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/downloadSuppFile/15694/3785 https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/downloadSuppFile/15694/3801 https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/downloadSuppFile/15694/3865 Copyright (c) 2021 Jeni Nur Cahyati https://creativecommons.org/licenses/by/4.0
spellingShingle four day four places; kelompok belajar; materi ajar; metode interaktif
Cahyati, Jeni Nur
Setiani, Febri
Suharyanto, Suharyanto
Sholiha, Husna Imro’atush
Giyoto, Giyoto
Sistem Four Day Four Places sebagai Bentuk Pendalaman Materi Ajar Pendidikan Sekolah Dasar
title Sistem Four Day Four Places sebagai Bentuk Pendalaman Materi Ajar Pendidikan Sekolah Dasar
title_full Sistem Four Day Four Places sebagai Bentuk Pendalaman Materi Ajar Pendidikan Sekolah Dasar
title_fullStr Sistem Four Day Four Places sebagai Bentuk Pendalaman Materi Ajar Pendidikan Sekolah Dasar
title_full_unstemmed Sistem Four Day Four Places sebagai Bentuk Pendalaman Materi Ajar Pendidikan Sekolah Dasar
title_short Sistem Four Day Four Places sebagai Bentuk Pendalaman Materi Ajar Pendidikan Sekolah Dasar
title_sort sistem four day four places sebagai bentuk pendalaman materi ajar pendidikan sekolah dasar
topic four day four places; kelompok belajar; materi ajar; metode interaktif
topic_facet four day four places; kelompok belajar; materi ajar; metode interaktif
url https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/15694
work_keys_str_mv AT cahyatijeninur sistemfourdayfourplacessebagaibentukpendalamanmateriajarpendidikansekolahdasar
AT setianifebri sistemfourdayfourplacessebagaibentukpendalamanmateriajarpendidikansekolahdasar
AT suharyantosuharyanto sistemfourdayfourplacessebagaibentukpendalamanmateriajarpendidikansekolahdasar
AT sholihahusnaimroatush sistemfourdayfourplacessebagaibentukpendalamanmateriajarpendidikansekolahdasar
AT giyotogiyoto sistemfourdayfourplacessebagaibentukpendalamanmateriajarpendidikansekolahdasar