Sistem Four Day Four Places sebagai Bentuk Pendalaman Materi Ajar Pendidikan Sekolah Dasar
Kelas 6 SD memerlukan perhatian khsusus dalam pendampingan kegiatan belajar karena akan melaksanakan Penilaian Akhir Ta-hun (PAT) sebagai bekal untuk melanjutkan sekolah ke jenjang selanjutnya. Tim KKN-Dik FKIP UMS melakukan pengabdian di SD Muhammadiyah Program Khusus Tumang pada 1 Februari sampai...
Saved in:
Main Authors: | , , , , |
---|---|
Format: | UMS Journal (OJS) |
Language: | eng |
Published: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
2021
|
Subjects: | |
Online Access: | https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/15694 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1805340846906671104 |
---|---|
author | Cahyati, Jeni Nur Setiani, Febri Suharyanto, Suharyanto Sholiha, Husna Imro’atush Giyoto, Giyoto |
author_facet | Cahyati, Jeni Nur Setiani, Febri Suharyanto, Suharyanto Sholiha, Husna Imro’atush Giyoto, Giyoto |
author_sort | Cahyati, Jeni Nur |
collection | OJS |
description | Kelas 6 SD memerlukan perhatian khsusus dalam pendampingan kegiatan belajar karena akan melaksanakan Penilaian Akhir Ta-hun (PAT) sebagai bekal untuk melanjutkan sekolah ke jenjang selanjutnya. Tim KKN-Dik FKIP UMS melakukan pengabdian di SD Muhammadiyah Program Khusus Tumang pada 1 Februari sampai 6 Mareet 2021. Salah satu program yang diusung ialah pem-berdayaan kelompok belajar untuk kelas 6. Pemberdayaan ke-lompok belajar home visit dengan sistem four day four places. Tujuan kegiatan ini adalah sebagai bentuk pendalaman materi kelas 6, khususnya Tematik dan Matematika. Strategi kegiatan ini terdiri dari tiga tahap, yaitu identifikasi karakateristik siswa di setiap kelompok belajar, penerapan sistem four day four places dengan dua tempat dalam satu hari, dan pendampingan kelompok belajar siswa dengan metode interaktif. Hasil kelompok belajar dengan four day four places dinilai efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi. Penggunaan metode number heads together untuk Tematik, membuat siswa aktif dan berani mengutarakan pendapat. Metode cerdas cermat untuk Ma-tematika, efektif untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar berhitung, karena terdapat aspek kompetensi di dalamnya. Kegiatan kelompok belajar sistem four day four places dengan penggunaan metode interaktif penting untuk ditindaklanjuti ka-rena efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa. |
format | UMS Journal (OJS) |
id | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-15694 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | eng |
publishDate | 2021 |
publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta |
record_format | ojs |
spelling | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-15694 Sistem Four Day Four Places sebagai Bentuk Pendalaman Materi Ajar Pendidikan Sekolah Dasar Cahyati, Jeni Nur Setiani, Febri Suharyanto, Suharyanto Sholiha, Husna Imro’atush Giyoto, Giyoto four day four places; kelompok belajar; materi ajar; metode interaktif Kelas 6 SD memerlukan perhatian khsusus dalam pendampingan kegiatan belajar karena akan melaksanakan Penilaian Akhir Ta-hun (PAT) sebagai bekal untuk melanjutkan sekolah ke jenjang selanjutnya. Tim KKN-Dik FKIP UMS melakukan pengabdian di SD Muhammadiyah Program Khusus Tumang pada 1 Februari sampai 6 Mareet 2021. Salah satu program yang diusung ialah pem-berdayaan kelompok belajar untuk kelas 6. Pemberdayaan ke-lompok belajar home visit dengan sistem four day four places. Tujuan kegiatan ini adalah sebagai bentuk pendalaman materi kelas 6, khususnya Tematik dan Matematika. Strategi kegiatan ini terdiri dari tiga tahap, yaitu identifikasi karakateristik siswa di setiap kelompok belajar, penerapan sistem four day four places dengan dua tempat dalam satu hari, dan pendampingan kelompok belajar siswa dengan metode interaktif. Hasil kelompok belajar dengan four day four places dinilai efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi. Penggunaan metode number heads together untuk Tematik, membuat siswa aktif dan berani mengutarakan pendapat. Metode cerdas cermat untuk Ma-tematika, efektif untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar berhitung, karena terdapat aspek kompetensi di dalamnya. Kegiatan kelompok belajar sistem four day four places dengan penggunaan metode interaktif penting untuk ditindaklanjuti ka-rena efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2021-12-03 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/15694 10.23917/bkkndik.v3i2.15694 Buletin KKN Pendidikan; Vol. 3, No. 2, Desember 2021; 117-126 2716-0327 10.23917/bkkndik.v3i2 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/15694/7046 https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/downloadSuppFile/15694/3785 https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/downloadSuppFile/15694/3801 https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/downloadSuppFile/15694/3865 Copyright (c) 2021 Jeni Nur Cahyati https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
spellingShingle | four day four places; kelompok belajar; materi ajar; metode interaktif Cahyati, Jeni Nur Setiani, Febri Suharyanto, Suharyanto Sholiha, Husna Imro’atush Giyoto, Giyoto Sistem Four Day Four Places sebagai Bentuk Pendalaman Materi Ajar Pendidikan Sekolah Dasar |
title | Sistem Four Day Four Places sebagai Bentuk Pendalaman Materi Ajar Pendidikan Sekolah Dasar |
title_full | Sistem Four Day Four Places sebagai Bentuk Pendalaman Materi Ajar Pendidikan Sekolah Dasar |
title_fullStr | Sistem Four Day Four Places sebagai Bentuk Pendalaman Materi Ajar Pendidikan Sekolah Dasar |
title_full_unstemmed | Sistem Four Day Four Places sebagai Bentuk Pendalaman Materi Ajar Pendidikan Sekolah Dasar |
title_short | Sistem Four Day Four Places sebagai Bentuk Pendalaman Materi Ajar Pendidikan Sekolah Dasar |
title_sort | sistem four day four places sebagai bentuk pendalaman materi ajar pendidikan sekolah dasar |
topic | four day four places; kelompok belajar; materi ajar; metode interaktif |
topic_facet | four day four places; kelompok belajar; materi ajar; metode interaktif |
url | https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/15694 |
work_keys_str_mv | AT cahyatijeninur sistemfourdayfourplacessebagaibentukpendalamanmateriajarpendidikansekolahdasar AT setianifebri sistemfourdayfourplacessebagaibentukpendalamanmateriajarpendidikansekolahdasar AT suharyantosuharyanto sistemfourdayfourplacessebagaibentukpendalamanmateriajarpendidikansekolahdasar AT sholihahusnaimroatush sistemfourdayfourplacessebagaibentukpendalamanmateriajarpendidikansekolahdasar AT giyotogiyoto sistemfourdayfourplacessebagaibentukpendalamanmateriajarpendidikansekolahdasar |