Perpustakaan Dinding sebagai Program Gerakan Literasi Sekolah untuk Meningkatan Kemampuan Membaca Siswa MI Muhammadiyah Kuncen Cawas, Klaten

Gerakan literasi sekolah melalui program perpustakaan dinding dan budaya membaca merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan kemampuan dan minat baca siswa. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan membaca siswa kelas 1 hingga kelas 3 dari program perpustakaan din...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Machromah, Isnaeni Umi, Mahendra, Alif, Dianingsih, Fera Rian, Indriani, Nita, Agustina, Diah Rosa, Fatimah, Siti, Arifah, Nur Zahro Madya, Khusna, Maria Al, Novianto, Dhanny, Nugroho, Ferry Cahyo, Zainuddin, Almuntaqo
Format: UMS Journal (OJS)
Language:eng
Published: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2020
Subjects:
Online Access:https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/10796
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1805340841681616896
author Machromah, Isnaeni Umi
Mahendra, Alif
Dianingsih, Fera Rian
Indriani, Nita
Agustina, Diah Rosa
Fatimah, Siti
Arifah, Nur Zahro Madya
Khusna, Maria Al
Novianto, Dhanny
Nugroho, Ferry Cahyo
Zainuddin, Almuntaqo
author_facet Machromah, Isnaeni Umi
Mahendra, Alif
Dianingsih, Fera Rian
Indriani, Nita
Agustina, Diah Rosa
Fatimah, Siti
Arifah, Nur Zahro Madya
Khusna, Maria Al
Novianto, Dhanny
Nugroho, Ferry Cahyo
Zainuddin, Almuntaqo
author_sort Machromah, Isnaeni Umi
collection OJS
description Gerakan literasi sekolah melalui program perpustakaan dinding dan budaya membaca merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan kemampuan dan minat baca siswa. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan membaca siswa kelas 1 hingga kelas 3 dari program perpustakaan dinding. Program ini dilaksanakan di MI Muhammadiyah Kuncen Cawas.  Pelaksanaan program dilakukan dengan pengadaan perpustakaan dinding dan kegiatan budaya membaca setiap hari. Untuk melihat hasil pelaksanaan program, dilakukan wawancara dan observasi. Dari hasil yang telah diperoleh terjadi peningkatan kemampuan membaca setelah adanya program perpustakaan dinding dan program kegiatan membaca  secara signifikan, yaitu terjadi dikelas 2 A, yang awalnya 31% menjadi 68% .
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-10796
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language eng
publishDate 2020
publisher Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-10796 Perpustakaan Dinding sebagai Program Gerakan Literasi Sekolah untuk Meningkatan Kemampuan Membaca Siswa MI Muhammadiyah Kuncen Cawas, Klaten Machromah, Isnaeni Umi Mahendra, Alif Dianingsih, Fera Rian Indriani, Nita Agustina, Diah Rosa Fatimah, Siti Arifah, Nur Zahro Madya Khusna, Maria Al Novianto, Dhanny Nugroho, Ferry Cahyo Zainuddin, Almuntaqo gerakan literasi; kemampuan membaca; perpustakaan dinding Gerakan literasi sekolah melalui program perpustakaan dinding dan budaya membaca merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan kemampuan dan minat baca siswa. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan membaca siswa kelas 1 hingga kelas 3 dari program perpustakaan dinding. Program ini dilaksanakan di MI Muhammadiyah Kuncen Cawas.  Pelaksanaan program dilakukan dengan pengadaan perpustakaan dinding dan kegiatan budaya membaca setiap hari. Untuk melihat hasil pelaksanaan program, dilakukan wawancara dan observasi. Dari hasil yang telah diperoleh terjadi peningkatan kemampuan membaca setelah adanya program perpustakaan dinding dan program kegiatan membaca  secara signifikan, yaitu terjadi dikelas 2 A, yang awalnya 31% menjadi 68% . Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2020-09-02 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/10796 10.23917/bkkndik.v2i2.10796 Buletin KKN Pendidikan; Vol. 2, No. 2, Desember 2020; 100-104 2716-0327 10.23917/bkkndik.v2i2 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/10796/5993 https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/downloadSuppFile/10796/2238 https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/downloadSuppFile/10796/2249 Copyright (c) 2020 Buletin KKN Pendidikan https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
spellingShingle gerakan literasi; kemampuan membaca; perpustakaan dinding
Machromah, Isnaeni Umi
Mahendra, Alif
Dianingsih, Fera Rian
Indriani, Nita
Agustina, Diah Rosa
Fatimah, Siti
Arifah, Nur Zahro Madya
Khusna, Maria Al
Novianto, Dhanny
Nugroho, Ferry Cahyo
Zainuddin, Almuntaqo
Perpustakaan Dinding sebagai Program Gerakan Literasi Sekolah untuk Meningkatan Kemampuan Membaca Siswa MI Muhammadiyah Kuncen Cawas, Klaten
title Perpustakaan Dinding sebagai Program Gerakan Literasi Sekolah untuk Meningkatan Kemampuan Membaca Siswa MI Muhammadiyah Kuncen Cawas, Klaten
title_full Perpustakaan Dinding sebagai Program Gerakan Literasi Sekolah untuk Meningkatan Kemampuan Membaca Siswa MI Muhammadiyah Kuncen Cawas, Klaten
title_fullStr Perpustakaan Dinding sebagai Program Gerakan Literasi Sekolah untuk Meningkatan Kemampuan Membaca Siswa MI Muhammadiyah Kuncen Cawas, Klaten
title_full_unstemmed Perpustakaan Dinding sebagai Program Gerakan Literasi Sekolah untuk Meningkatan Kemampuan Membaca Siswa MI Muhammadiyah Kuncen Cawas, Klaten
title_short Perpustakaan Dinding sebagai Program Gerakan Literasi Sekolah untuk Meningkatan Kemampuan Membaca Siswa MI Muhammadiyah Kuncen Cawas, Klaten
title_sort perpustakaan dinding sebagai program gerakan literasi sekolah untuk meningkatan kemampuan membaca siswa mi muhammadiyah kuncen cawas klaten
topic gerakan literasi; kemampuan membaca; perpustakaan dinding
topic_facet gerakan literasi; kemampuan membaca; perpustakaan dinding
url https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/10796
work_keys_str_mv AT machromahisnaeniumi perpustakaandindingsebagaiprogramgerakanliterasisekolahuntukmeningkatankemampuanmembacasiswamimuhammadiyahkuncencawasklaten
AT mahendraalif perpustakaandindingsebagaiprogramgerakanliterasisekolahuntukmeningkatankemampuanmembacasiswamimuhammadiyahkuncencawasklaten
AT dianingsihferarian perpustakaandindingsebagaiprogramgerakanliterasisekolahuntukmeningkatankemampuanmembacasiswamimuhammadiyahkuncencawasklaten
AT indrianinita perpustakaandindingsebagaiprogramgerakanliterasisekolahuntukmeningkatankemampuanmembacasiswamimuhammadiyahkuncencawasklaten
AT agustinadiahrosa perpustakaandindingsebagaiprogramgerakanliterasisekolahuntukmeningkatankemampuanmembacasiswamimuhammadiyahkuncencawasklaten
AT fatimahsiti perpustakaandindingsebagaiprogramgerakanliterasisekolahuntukmeningkatankemampuanmembacasiswamimuhammadiyahkuncencawasklaten
AT arifahnurzahromadya perpustakaandindingsebagaiprogramgerakanliterasisekolahuntukmeningkatankemampuanmembacasiswamimuhammadiyahkuncencawasklaten
AT khusnamariaal perpustakaandindingsebagaiprogramgerakanliterasisekolahuntukmeningkatankemampuanmembacasiswamimuhammadiyahkuncencawasklaten
AT noviantodhanny perpustakaandindingsebagaiprogramgerakanliterasisekolahuntukmeningkatankemampuanmembacasiswamimuhammadiyahkuncencawasklaten
AT nugrohoferrycahyo perpustakaandindingsebagaiprogramgerakanliterasisekolahuntukmeningkatankemampuanmembacasiswamimuhammadiyahkuncencawasklaten
AT zainuddinalmuntaqo perpustakaandindingsebagaiprogramgerakanliterasisekolahuntukmeningkatankemampuanmembacasiswamimuhammadiyahkuncencawasklaten