MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI DUKUNGAN ORANGTUA PADA SISWA SMA

Keberhasilan pendidikan khususnya pendidikan formal dapat dilihat dari pencapaian prestasi yang diperoleh. Hasil prestasi yang optimal tidak terlepas dari motivasi belajar individu. Oleh karena itu diharapkan individu mempunyai motivasi belajar yang tinggi untuk mencapai prestasi belajar yang optim...

Ամբողջական նկարագրություն

Պահպանված է:
Մատենագիտական մանրամասներ
Հիմնական հեղինակ: PAMUNGKAS, YANWAR
Ձևաչափ: Թեզիս
Լեզու:English
English
Հրապարակվել է: 2010
Խորագրեր:
Առցանց հասանելիություն:https://eprints.ums.ac.id/9928/
Ցուցիչներ: Ավելացրեք ցուցիչ
Չկան պիտակներ, Եղեք առաջինը, ով նշում է այս գրառումը!
_version_ 1804994939790032896
author PAMUNGKAS, YANWAR
author_facet PAMUNGKAS, YANWAR
author_sort PAMUNGKAS, YANWAR
collection ePrints
description Keberhasilan pendidikan khususnya pendidikan formal dapat dilihat dari pencapaian prestasi yang diperoleh. Hasil prestasi yang optimal tidak terlepas dari motivasi belajar individu. Oleh karena itu diharapkan individu mempunyai motivasi belajar yang tinggi untuk mencapai prestasi belajar yang optimal. Banyak faktor yang mempengaruhi motivasi belajar, diantaranya yaitu dukungan orangtua. Dukungan orang tua dalam proses belajar anak yang diwujudkan dengan memberikan fasilitas belajar yang meliputi sarana dan prasarana secara memadai akan mempengaruhi motivasi belajar anaknya.. Pemberian fasilitas yang memadai akan memudahkan pencapaian tujuan yang direncanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan orangtua dengan motivasi belajar pada siswa SMA. Hipotesis yang diajukan ada hubungan positif antara dukungan orangtua dengan motivasi belajar. Subjek penelitian siswa-siswa SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan kelas XIB dan kelas XID berjumlah 80 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala dukungan orangtua dan skala motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil perhitungan teknik analisis product moment dari Pearson diperoleh nilai koefisien korelasi r = 0,646, p = 0,000 (p < 0,01). Hasil ini menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan orangtua dengan motivasi belajar. Semakin tinggi dukungan orangtua maka semakin tinggi motivasi belajar. Sebaliknya semakin rendah dukungan orangtua maka semakin rendah pula motivasi belajar. Sumbangan efektif dukungan orangtua terhadap motivasi belajar sebesar 41,7% ditunjukkan oleh koefisien determinan (r2) sebesar 0,417. Berdasarkan hasil analisis diketahui variabel dukungan orangtua pada subjek penelitian tergolong sedang ditunjukkan oleh rerata empirik (RE) = 89,088 dan rerata hipotetik (RH) = 97,5. Motivasi belajar pada subjek penelitian tergolong sedang, ditunjukkan oleh rerata empirik (RE) = 77,763 dan rerata hipotetik (RH) = 80. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan orangtua dengan motivasi belajar, dengan demikian semakin tinggi dukungan orangtua maka akan semakin tinggi pula motivasi belajar.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9928
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9928 https://eprints.ums.ac.id/9928/ MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI DUKUNGAN ORANGTUA PADA SISWA SMA PAMUNGKAS, YANWAR BF Religion and Philosophy Keberhasilan pendidikan khususnya pendidikan formal dapat dilihat dari pencapaian prestasi yang diperoleh. Hasil prestasi yang optimal tidak terlepas dari motivasi belajar individu. Oleh karena itu diharapkan individu mempunyai motivasi belajar yang tinggi untuk mencapai prestasi belajar yang optimal. Banyak faktor yang mempengaruhi motivasi belajar, diantaranya yaitu dukungan orangtua. Dukungan orang tua dalam proses belajar anak yang diwujudkan dengan memberikan fasilitas belajar yang meliputi sarana dan prasarana secara memadai akan mempengaruhi motivasi belajar anaknya.. Pemberian fasilitas yang memadai akan memudahkan pencapaian tujuan yang direncanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan orangtua dengan motivasi belajar pada siswa SMA. Hipotesis yang diajukan ada hubungan positif antara dukungan orangtua dengan motivasi belajar. Subjek penelitian siswa-siswa SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan kelas XIB dan kelas XID berjumlah 80 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala dukungan orangtua dan skala motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil perhitungan teknik analisis product moment dari Pearson diperoleh nilai koefisien korelasi r = 0,646, p = 0,000 (p < 0,01). Hasil ini menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan orangtua dengan motivasi belajar. Semakin tinggi dukungan orangtua maka semakin tinggi motivasi belajar. Sebaliknya semakin rendah dukungan orangtua maka semakin rendah pula motivasi belajar. Sumbangan efektif dukungan orangtua terhadap motivasi belajar sebesar 41,7% ditunjukkan oleh koefisien determinan (r2) sebesar 0,417. Berdasarkan hasil analisis diketahui variabel dukungan orangtua pada subjek penelitian tergolong sedang ditunjukkan oleh rerata empirik (RE) = 89,088 dan rerata hipotetik (RH) = 97,5. Motivasi belajar pada subjek penelitian tergolong sedang, ditunjukkan oleh rerata empirik (RE) = 77,763 dan rerata hipotetik (RH) = 80. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan orangtua dengan motivasi belajar, dengan demikian semakin tinggi dukungan orangtua maka akan semakin tinggi pula motivasi belajar. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9928/1/F100020082.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9928/4/F100020082.pdf PAMUNGKAS, YANWAR (2010) MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI DUKUNGAN ORANGTUA PADA SISWA SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. F100020082
spellingShingle BF Religion and Philosophy
PAMUNGKAS, YANWAR
MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI DUKUNGAN ORANGTUA PADA SISWA SMA
title MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI DUKUNGAN ORANGTUA PADA SISWA SMA
title_full MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI DUKUNGAN ORANGTUA PADA SISWA SMA
title_fullStr MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI DUKUNGAN ORANGTUA PADA SISWA SMA
title_full_unstemmed MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI DUKUNGAN ORANGTUA PADA SISWA SMA
title_short MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI DUKUNGAN ORANGTUA PADA SISWA SMA
title_sort motivasi belajar ditinjau dari dukungan orangtua pada siswa sma
topic BF Religion and Philosophy
url https://eprints.ums.ac.id/9928/
work_keys_str_mv AT pamungkasyanwar motivasibelajarditinjaudaridukunganorangtuapadasiswasma