PENGARUH PERMAINAN HITUNG BENDA TERHADAP KECERDASAN LOGIKO-MATEMATIK ANAK TK DI BA AISYIYAH KARANGTENGAH SUKOHARJO

Umi Nurhidayati, A 520 085 113, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2010. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan permainan hitung benda terhadap kecerdasan logiko-matematik anak didik di BA Aisyiy...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: NURHIDAYATI , UMI
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
出版事項: 2010
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/9866/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Umi Nurhidayati, A 520 085 113, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2010. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan permainan hitung benda terhadap kecerdasan logiko-matematik anak didik di BA Aisyiyah Karangtengah II kecamatan Weru Sukoharjo. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen yang disertai dengan pengujian hipotesis. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah anak didik kelas B BA Aisyiyah Karangtengah II tahun 2010 yang berjumlah 20 anak didik. Data diperoleh melalui observasi indikator kecerdasan logiko-matematik. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji T. Hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,561 > 2,024 maka Ho ditolak dan nilai probabilitas < dari alpha yaitu 0,015. Artinya permainan hitung benda dapat mempengaruhi kecerdasan logiko-matematik dibanding penggunaan metode konvensional.