PENGARUH PERMAINAN HITUNG BENDA TERHADAP KECERDASAN LOGIKO-MATEMATIK ANAK TK DI BA AISYIYAH KARANGTENGAH SUKOHARJO

Umi Nurhidayati, A 520 085 113, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2010. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan permainan hitung benda terhadap kecerdasan logiko-matematik anak didik di BA Aisyiy...

Cur síos iomlán

Sábháilte in:
Sonraí bibleagrafaíochta
Príomhchruthaitheoir: NURHIDAYATI , UMI
Formáid: Tráchtas
Teanga:English
English
Foilsithe / Cruthaithe: 2010
Ábhair:
Rochtain ar líne:https://eprints.ums.ac.id/9866/
Clibeanna: Cuir clib leis
Níl clibeanna ann, Bí ar an gcéad duine le clib a chur leis an taifead seo!
Cur síos
Achoimre:Umi Nurhidayati, A 520 085 113, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2010. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan permainan hitung benda terhadap kecerdasan logiko-matematik anak didik di BA Aisyiyah Karangtengah II kecamatan Weru Sukoharjo. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen yang disertai dengan pengujian hipotesis. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah anak didik kelas B BA Aisyiyah Karangtengah II tahun 2010 yang berjumlah 20 anak didik. Data diperoleh melalui observasi indikator kecerdasan logiko-matematik. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji T. Hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,561 > 2,024 maka Ho ditolak dan nilai probabilitas < dari alpha yaitu 0,015. Artinya permainan hitung benda dapat mempengaruhi kecerdasan logiko-matematik dibanding penggunaan metode konvensional.