POLA INTERAKSI GURU DALAM MEMOTIVASI ASPEK SOSIAL ANAK (Studi Kasus di TK Aisyiyah Cabang Blimbing, Polokarto, Sukoharjo)

Latar belakang dalam masalah dalam penelitian ini adalah bahwa pengembangan aspek social anak sangat dibutuhkan anak untuk belajar menyesuaikan diri dengan lingkungan yang sesuai dengan tuntutan social. Peranan guru dalam interaksi belajar mengajar sangat penting dalam menumbuhkan dan menciptakan pr...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: MAEMUNAH, SRI
格式: Thesis
语言:English
English
出版: 2010
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/9864/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Latar belakang dalam masalah dalam penelitian ini adalah bahwa pengembangan aspek social anak sangat dibutuhkan anak untuk belajar menyesuaikan diri dengan lingkungan yang sesuai dengan tuntutan social. Peranan guru dalam interaksi belajar mengajar sangat penting dalam menumbuhkan dan menciptakan proses sosialisasi anak. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana cara interaksi guru dengan anak didik dan bagaimana interaksi guru dalam memotivasi aspek sosial anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui interaksi guru dengan anak didik dan untuk mendeskripsikan interaksi guru dalam memotivasi aspek sosial anak di TK Aisyiyah Cabang Blimbing, Polokarto, Sukoharjo. Metode Penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan tahap pengumpulan data, penyeleksian data, penyusunan data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini didapat kesimpulan bahwa cara interaksi guru dengan anak didik antara lain dengan cara interaksi secara individu, memberikan umpan balik, dan ikut melibatkan diri dalam kegiatan anak. Interaksi guru dalam memotivasi aspek sosial anak dengan cara pengelompokan anak, memberikan penghargaan (pujian atau hadiah), menghargai hal-hal yang telah dicapai, serta menyediakan kondisi yang menyenangkan untuk anak.