PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN KERETA BERNOMOR DI TK AISYAH CABANG BLIMBING POLOKARTO SUKOHARJO

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan Kereta Bernomor terhadap pengembangan kemampuan berhitung anak di TK Aisyiah Cabang Blimbing Polokarto Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok control. Subyek penelitian...

Description complète

Enregistré dans:
Détails bibliographiques
Auteur principal: Hidayah , Ninik Nur
Format: Thèse
Langue:English
English
Publié: 2010
Sujets:
Accès en ligne:https://eprints.ums.ac.id/9858/
Tags: Ajouter un tag
Pas de tags, Soyez le premier à ajouter un tag!
Description
Résumé:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan Kereta Bernomor terhadap pengembangan kemampuan berhitung anak di TK Aisyiah Cabang Blimbing Polokarto Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok control. Subyek penelitian diambil pada anak pada kelompok B1 yang berjumlah 22 anak sebagai kelompok eksperimen dan kelompok B2 yang berjumlah 22 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi terhadap indikator kemampuan berhitung anak. Teknik analisis data menggunakan deskripsi data dan uji t. Deskripsi data digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman kemampuan berhitung anak dan uji t untuk mengetahui hipotesis. Dari hasil deskripsi data diketahui bahwa tingkat pemahaman kemampuan berhitung anak pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol termasuk kategori sedang. Dari hasil analisis data pada α = 5 % diperoleh ttabel = 1,682 dan thitung = 2,5 karena thitung > ttabel maka Ho ditolak. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan berhitung anak yang diberi permainan kereta bernomor lebih baik dari pada kemampuan berhitung anak yang diberi metode konvensional. Sehingga dapat disimpulkan permainan kereta bernomor berpengaruh terhadap pengembangan kemampuan berhitung anak di TK Aisyiah Cabang Blimbing Polokarto Sukoharjo.