PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK PADA TK WONOKARTO II WONOGIRI KELOMPOK B TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak melalui metode bermain peran yang meliputi : 1) Mengetahui penerapan metode bermain peran sebagai upaya meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak 2) Mengetahui kegunaan metode bermain peran dalam upaya meningkatkan kemam...

Повний опис

Збережено в:
Бібліографічні деталі
Автор: HASTUTI, LILIK MUKMINAH DWI
Формат: Дисертація
Мова:English
English
Опубліковано: 2010
Предмети:
Онлайн доступ:https://eprints.ums.ac.id/9854/
Теги: Додати тег
Немає тегів, Будьте першим, хто поставить тег для цього запису!
Опис
Резюме:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak melalui metode bermain peran yang meliputi : 1) Mengetahui penerapan metode bermain peran sebagai upaya meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak 2) Mengetahui kegunaan metode bermain peran dalam upaya meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak. Subyek yang melakukan penelitian adalah peneliti dan rekan guru serta subyek yang menerima tindakan adalah semua anak didik kelompok B TK Wonokarto Wonogiri yang berjumlah 20 anak. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, catatan lapangan, dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan teknik perbandingan tetap antara hasil data dari catatan lapangan, reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil peneliti dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak yaitu sebelum tindakan sebanyak (40%) pada Siklus I sebanyak (45%), Siklus II sebanyak (50%) dan Siklus III se- banyak (80%). Hasil kemampuan anak didik dalam pembelajaran bermain pean pada Siklus I sebanyak (40%) pada Siklus II sebanyak (55%) dan Siklus III sebanyak (75%).