UPAYA MENINGKATKAN DAYA PIKIR ANAK MELALUI PERMAINAN EDUKATIF (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di TK Indria Putra II Semanggi Tahun Ajaran 2010/2011)

Daya pikir anak dapat ditingkatkan, oleh sebab itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan daya pikir anak melalui permainan edukatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Salah satu cara untuk meningkatkan daya pi...

Mô tả đầy đủ

Đã lưu trong:
Chi tiết về thư mục
Tác giả chính: ALFIYANTI , NURLAILI
Định dạng: Luận văn
Ngôn ngữ:English
English
Được phát hành: 2010
Những chủ đề:
Truy cập trực tuyến:https://eprints.ums.ac.id/9837/
Các nhãn: Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
Miêu tả
Tóm tắt:Daya pikir anak dapat ditingkatkan, oleh sebab itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan daya pikir anak melalui permainan edukatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Salah satu cara untuk meningkatkan daya pikir anak adalah dengan menggunakan metode pemberian tugas dengan media puzzle. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B2 TK Indria Putra II Semanggi Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Data yang dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan daya pikir anak melalui permainan edukatif berupa puzzle yakni sebelum tindakan 57%, siklus I mencapai 65%, siklus II mencapai 80% dan siklus II 88%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui permainan edukatif berupa puzzle sangat tepat dan dapat meningkatkan daya pikir anak.