IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN BAHASA DENGAN METODE MEMBACAKAN CERITA ( STORY READING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA LISAN PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B TK AISYIYAH II NGADIREJO KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) memperoleh informasi tentang peningkatan kemampuan bahasa lisan melalui metode membacakan cerita (Story Reading) pada anak didik kelompok B di TK Aisyiyah II Ngadirejo Kartasura semester 2 tahun pelajaran 2009/2010. (2) mengetahui peningkatan kemampuan bahasa...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
語言: | English English |
出版: |
2010
|
主題: | |
在線閱讀: | https://eprints.ums.ac.id/9828/ |
標簽: |
添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
|
總結: | Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) memperoleh informasi tentang peningkatan kemampuan bahasa lisan melalui metode membacakan cerita (Story Reading) pada anak didik kelompok B di TK Aisyiyah II Ngadirejo Kartasura semester 2 tahun pelajaran 2009/2010. (2) mengetahui peningkatan kemampuan bahasa lisan melalui metode membacakan cerita (Story Reading) pada anak didik kelompok B di TK Aisyiyah II Ngadirejo Kartasura semester 2 tahun pelajaran 2009/2010.
Penelitian ini mengambil lokasi di TK Aisyiyah II Ngadirejo Kartasura kabupaten Sukoharjo. Bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.Data yang telah terkumpul dianalisis secara kritis dengan membandingkan hasil tindakan dalam tiap siklus dengan indikator keberhasilan tindakan yang telah ditetapkan. Hasil analisis mencakup kegiatan mengungkapkan kelebihan dan kekurangan kerja peneliti dan anak didik dalam proses belajar-mengajar.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: (1) penerapan metode membacakan cerita (Story Reading) dapat meningkatkan kemampuan bahasa lisan anak, Hal ini ditandai dengan prosentase pada indikator menceritakan kembali isi cerita pada pra tindakan diperoleh 28%, siklus I 44%, siklus II 72%, dan siklus III 80%, (2) pada indikator menjawab pertanyaan pada pra tindakan diperoleh prosentase 32%, siklus 44 %, siklus II 72%, dan siklus III 88 %.(3) sedangkan pada indikator membaca gambar pada pra tindakan diperoleh prosentase 36%, siklus I 48%, siklus II 80%, sedangkan siklus III 84%.
|
---|