PERANAN PERMAINAN TRADISIONAL GOBAG SODOR DALAM PENGEMBANGAN ASPEK MOTORIK DAN KOGNITIF ANAK TK PILANGSARI I GESI SRAGEN

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peranan permainan gobag sodor dalam pengembangan aspek motorik dan kognitif anak TK Pilangsari I Gesi. Subyek penelitian ini adalah guru TK Pilangsari I Gesi bekerja sama dengan peneliti yang melaksanakan observasi permainan tradisional gobag sodor di TK Pilang...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: EMILIYANA, DANIKA MARTUN
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
出版事項: 2010
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/9825/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peranan permainan gobag sodor dalam pengembangan aspek motorik dan kognitif anak TK Pilangsari I Gesi. Subyek penelitian ini adalah guru TK Pilangsari I Gesi bekerja sama dengan peneliti yang melaksanakan observasi permainan tradisional gobag sodor di TK Pilangsari I Gesi. Metodologi penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada penelitian ini analisis data dilakukan dengan metode abstraksi yaitu setelah melakukan observasi dan wawancara yang penulis lakukan dengan guru dan orang tua anak. Berdasar data hasil penelitian disimpulkan bahwa melalui permainan tradisional gobag sodor dapat mengembangkan aspek motorik dan kognitif pada anak TK Pilangsari I Gesi Sragen. Aspek motorik di dalam permainan gobag sodor sangat jelas yaitu dengan adanya gerak lari dalam permainan ini. Permainan ini membutuhkan gerak cepat dan gesit. Gerakan inilah yang diperlukan dalam permainan gobag sodor. Aspek kognitif dalam permainan gobag sodor ini adalah mencari sebuah peluang atau memikirkan bagaimana bisa menembus garis yang dijaga oleh kelompok yang lain yaitu kelompok yang kalah.