PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TERHADAP KARAKTERISTIK DAN TUJUAN AKUNTANSI SYARIAH

Penelitian ini berjudul “Persepsi Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Terhadap Tujuan dan Karakteristik Akuntansi Syari’ah ”.Sistem ekonomi Islam semakin mendapat tempat di percaturan bisnis.Akuntansi Islam (syari’ah) menyediakan informasi yang sesuai (tidak hanya terbatas pada da...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: YANUAR, MOHAMMAD ATHAR
格式: Thesis
語言:English
English
出版: 2010
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/9810/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Penelitian ini berjudul “Persepsi Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Terhadap Tujuan dan Karakteristik Akuntansi Syari’ah ”.Sistem ekonomi Islam semakin mendapat tempat di percaturan bisnis.Akuntansi Islam (syari’ah) menyediakan informasi yang sesuai (tidak hanya terbatas pada data keuangan) kepada pemegang saham, namun juga menjamin bahwa institusi tersebut dapat beroperasi secara berkelanjutan sesuai dengan prinsip syari’ah dan membawanya kepada peningkatan ekonomi dan sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan persepsi antara mahasiswa akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta terhadap tujuan dan karakteristik akuntansi syariah. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sampel yang digunakan sebesar 139 responden dengan memberi kuesioner secara langsung. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Pengujian hipotesis menggunakan alat analisis One Sample Kolmogorov Smirnov Test. Hasil pengujian untuk variabel tujuan akuntansi menunjukkan nilai probabilitasnya sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05 (p < 0,05), untuk variabel tingkat kepentingan pemakai (users) akuntansi menunjukkan nilai probabilitasnya sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05 (p < 0,05), untuk variabel aktivitas bisnis Islam menunjukkan nilai probabilitasnya sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05 (p < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan persepsi mahasiswa akuntansi terhadap tujuan akuntansi, kepentingan pemakai (users), dan aktivitas bisnis Islam.