MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK TK KELOMPOK A DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI TK PERTIWI KEPANJEN DELANGGU TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat media gambar terhadap peningkatan kemampuan membaca Anak TK Kelompok A di TK Pertiwi Kepanjen Delanggu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subyek dalam penelitian ini adalah anak didik Kelompok A di TK Pertiwi Kepanjen Delanggu tah...

Volledige beschrijving

Bewaard in:
Bibliografische gegevens
Hoofdauteur: WARDANI , IKA DEWI KUSUMA
Formaat: Thesis
Taal:English
English
Gepubliceerd in: 2010
Onderwerpen:
Online toegang:https://eprints.ums.ac.id/9792/
Tags: Voeg label toe
Geen labels, Wees de eerste die dit record labelt!
Omschrijving
Samenvatting:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat media gambar terhadap peningkatan kemampuan membaca Anak TK Kelompok A di TK Pertiwi Kepanjen Delanggu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subyek dalam penelitian ini adalah anak didik Kelompok A di TK Pertiwi Kepanjen Delanggu tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, kepala sekolah. Tehnik pengumpulan data melalui observasi, tes lisan maupun tertulis, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan membaca pada anak kelompok A dengan mengunakan media gambar, yakni sebelum tindakan 30,76 %, siklus 1 mencapai 57,69%, dan siklus II mencapai 76,92%. Pembelajaran dengan mengunakan media gambar ini juga didukung oleh metode lain yakni pemberian tugas. Metode ini mempunyai peranan yang cukup penting dalam peningkatan kemampuan membaca anak kelompok A karena dapat meminimalkan permasalahan yang dihadapi saat pembelajaran . Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca anak TK kelompok A.