PEMANFAATAN ALAT PERAGA KERTAS BERPETAK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN DAYA SERAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PTK di Kelas III SD Negeri Pranan II Polokarto Sukoharjo

Tujuan penelitian ini memanfaatkan alat peraga kertas berpetak sebagai upaya peningkatan daya serap siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai...

Description complète

Enregistré dans:
Détails bibliographiques
Auteur principal: AYU WULANDARI , RETNO
Format: Thèse
Langue:English
English
Publié: 2010
Sujets:
Accès en ligne:https://eprints.ums.ac.id/9770/
Tags: Ajouter un tag
Pas de tags, Soyez le premier à ajouter un tag!
Description
Résumé:Tujuan penelitian ini memanfaatkan alat peraga kertas berpetak sebagai upaya peningkatan daya serap siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas III SD N Pranan II Polokarto, Sukoharjo yang berjumlah 25 siswa, bata dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan dan review. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran, dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran, alur yang dilalui meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan daya serap siswa dalam pembelajaran matematika melalui pemanfaatan alat peraga kertas berpetak. Hal ini dapat dilihat dari : 1) tingkat keaktifan siswa meliputi: a) keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan guru dan menyelesaikan soal-soal latihan di depan kelas meningkat dari (12%) menjadi (60%), b) mengajukan pertanyaan dan tanggapan kepada guru meningkat dari (8%) menjadi 48%); 2) kreativitas siswa melakukan percobaan dalam pembelajaran matematika meningkat dari (0%) menjadi (88%); 3) daya serap siswa yaitu membuat kesimpulan materi pelajaran, mendefinisikan contoh dan non contoh meningkat dari (28%) menjadi (80%). Adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang dapat dilihat dari Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebelum diadakan tindakan sebesar (28%), setelah diadakan tindakan meningkat menjadi (100%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan pemanfaatan alat peraga kertas berpetak sebagai upaya peningkatan daya serap siswa dalam pembelajaran matematika dapat meningkat sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.