UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM TEACHING DAN QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMP N 2 JATEN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2009 / 2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar dan keaktifan belajar siswa dengan metode quantum teaching dan quantum learning. Subyek penelitian ini adalah guru matematika atau guru kelas VII B dan peneliti yang bertindak sebagai subyek pemberi tindakan. Metode pengumpul...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: MURTI, RIKA AWARA
格式: Thesis
語言:English
English
出版: 2010
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/9767/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar dan keaktifan belajar siswa dengan metode quantum teaching dan quantum learning. Subyek penelitian ini adalah guru matematika atau guru kelas VII B dan peneliti yang bertindak sebagai subyek pemberi tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif yang terdiri ; reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil tindakan kelas ini meliputi : (1) keaktifan siswa bertanya pada guru, pada putaran I sebesar 39,02 % pada putaran II sebesar 56,09 % dan pada putaran III mencapai 90,24 %. (2) keaktifan siswa mengerjakan soal didepan kelas, pada putaran I sebesar 26,82 % pada putaran II 43,34 % dan pada putaran III mencapai 82,93 %. (3) keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan, pada putaran I sebesar 36,58 % pada putaran II sebesar 53,66 % dan pada putaran III sebesar 80,48 %.Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Quantum Teaching dan Quantum Learning dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.