PENGARUH PROSES QUENCH DAN ANIL PADA BESI COR REM KERETA API TERHADAP PERUBAHAN SIFAT FISIS DAN MEKANIS

Besi cor adalah paduan besi yang mengandung karbon, silisium, mangan, fosfor dan belerang. Besi cor ini digolongkan menjadi enam macam yaitu : besi cor kelabu, besi cor kelas tinggi, besi cor kelabu paduan, besi cor bergrafit bulat, besi cor mampu tempa dan besi cor cil. Besi cor mempunyai sifat mek...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: SIRAIT, ANDI
格式: Thesis
语言:English
English
出版: 2010
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/9734/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
_version_ 1804994892010618880
author SIRAIT, ANDI
author_facet SIRAIT, ANDI
author_sort SIRAIT, ANDI
collection ePrints
description Besi cor adalah paduan besi yang mengandung karbon, silisium, mangan, fosfor dan belerang. Besi cor ini digolongkan menjadi enam macam yaitu : besi cor kelabu, besi cor kelas tinggi, besi cor kelabu paduan, besi cor bergrafit bulat, besi cor mampu tempa dan besi cor cil. Besi cor mempunyai sifat mekanik kekerasan dan ketahanan aus yang cukup tinggi. Meskipun bahan ini mempunyai kelemahan seperti korosi, dan sifat getas yang dimilikinya, namun sifat – sifat yang tidak baik tersebut dapat diperbaiki dengan proses heat treatment. Metode penelitian yang digunakan dalam pengujian adalah : besi cor kelabu dengan menggunakan 9 material uji, diantaranya adalah pengujian komposisi kimia 1 spesimen, pengujian kekerasan dan pengujian struktur mikro setelah melalui proses heat treatment, untuk quenching 1 spesimen dan annealing 1 spesimen, pengujian tarik setelah melalui proses heat treatment untuk quenching 3 spesimen dan annealing 3 spesimen. Dari data hasil pengujian dan pembahasan pada pengujian besi cor kelabu pada blok rem kereta api untuk pengujian komposisi kimia dapat diketahui kadar unsur yang mendominasi adalah besi (Fe) sebesar 93,74 %, karbon (C) sebesar 3,37%, silikon (Si) sebesar 1,60 %, phospor (P) sebesar 0,170%, Mangan sebesar 0,415 %. Sedangkan unsur-unsur lain yang didapatkan dalam kategori prosentase kecil dan relatif sedikit pengaruhnya pada sifat mekanis bahan. Pengujian struktur mikro untuk spesimen quenching dan annealing dapat terlihat bahwa struktur mikro yang terlihat adalah grafit, perlit, ferit, dan martensit. Pengujian kekerasan besi cor kelabu harga kekerasan rata -rata yang dimiliki material yang telah di annealing lebih rendah yaitu sebesar 273,16 HBN dibandingkan material yang telah di Quenching harga kekerasan sebesar 666,4 HBN. Pengujian tarik besi cor kelabu didapatkan harga tegangan rata – rata untuk quenching sebesar 270,21 N/mm2 dan annealing sebesar 236,75 N/mm2.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9734
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9734 https://eprints.ums.ac.id/9734/ PENGARUH PROSES QUENCH DAN ANIL PADA BESI COR REM KERETA API TERHADAP PERUBAHAN SIFAT FISIS DAN MEKANIS SIRAIT, ANDI TJ Mechanical engineering and machinery Besi cor adalah paduan besi yang mengandung karbon, silisium, mangan, fosfor dan belerang. Besi cor ini digolongkan menjadi enam macam yaitu : besi cor kelabu, besi cor kelas tinggi, besi cor kelabu paduan, besi cor bergrafit bulat, besi cor mampu tempa dan besi cor cil. Besi cor mempunyai sifat mekanik kekerasan dan ketahanan aus yang cukup tinggi. Meskipun bahan ini mempunyai kelemahan seperti korosi, dan sifat getas yang dimilikinya, namun sifat – sifat yang tidak baik tersebut dapat diperbaiki dengan proses heat treatment. Metode penelitian yang digunakan dalam pengujian adalah : besi cor kelabu dengan menggunakan 9 material uji, diantaranya adalah pengujian komposisi kimia 1 spesimen, pengujian kekerasan dan pengujian struktur mikro setelah melalui proses heat treatment, untuk quenching 1 spesimen dan annealing 1 spesimen, pengujian tarik setelah melalui proses heat treatment untuk quenching 3 spesimen dan annealing 3 spesimen. Dari data hasil pengujian dan pembahasan pada pengujian besi cor kelabu pada blok rem kereta api untuk pengujian komposisi kimia dapat diketahui kadar unsur yang mendominasi adalah besi (Fe) sebesar 93,74 %, karbon (C) sebesar 3,37%, silikon (Si) sebesar 1,60 %, phospor (P) sebesar 0,170%, Mangan sebesar 0,415 %. Sedangkan unsur-unsur lain yang didapatkan dalam kategori prosentase kecil dan relatif sedikit pengaruhnya pada sifat mekanis bahan. Pengujian struktur mikro untuk spesimen quenching dan annealing dapat terlihat bahwa struktur mikro yang terlihat adalah grafit, perlit, ferit, dan martensit. Pengujian kekerasan besi cor kelabu harga kekerasan rata -rata yang dimiliki material yang telah di annealing lebih rendah yaitu sebesar 273,16 HBN dibandingkan material yang telah di Quenching harga kekerasan sebesar 666,4 HBN. Pengujian tarik besi cor kelabu didapatkan harga tegangan rata – rata untuk quenching sebesar 270,21 N/mm2 dan annealing sebesar 236,75 N/mm2. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9734/1/D200040121.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9734/4/D200040121.pdf SIRAIT, ANDI (2010) PENGARUH PROSES QUENCH DAN ANIL PADA BESI COR REM KERETA API TERHADAP PERUBAHAN SIFAT FISIS DAN MEKANIS. Diploma thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. D200040121
spellingShingle TJ Mechanical engineering and machinery
SIRAIT, ANDI
PENGARUH PROSES QUENCH DAN ANIL PADA BESI COR REM KERETA API TERHADAP PERUBAHAN SIFAT FISIS DAN MEKANIS
title PENGARUH PROSES QUENCH DAN ANIL PADA BESI COR REM KERETA API TERHADAP PERUBAHAN SIFAT FISIS DAN MEKANIS
title_full PENGARUH PROSES QUENCH DAN ANIL PADA BESI COR REM KERETA API TERHADAP PERUBAHAN SIFAT FISIS DAN MEKANIS
title_fullStr PENGARUH PROSES QUENCH DAN ANIL PADA BESI COR REM KERETA API TERHADAP PERUBAHAN SIFAT FISIS DAN MEKANIS
title_full_unstemmed PENGARUH PROSES QUENCH DAN ANIL PADA BESI COR REM KERETA API TERHADAP PERUBAHAN SIFAT FISIS DAN MEKANIS
title_short PENGARUH PROSES QUENCH DAN ANIL PADA BESI COR REM KERETA API TERHADAP PERUBAHAN SIFAT FISIS DAN MEKANIS
title_sort pengaruh proses quench dan anil pada besi cor rem kereta api terhadap perubahan sifat fisis dan mekanis
topic TJ Mechanical engineering and machinery
url https://eprints.ums.ac.id/9734/
work_keys_str_mv AT siraitandi pengaruhprosesquenchdananilpadabesicorremkeretaapiterhadapperubahansifatfisisdanmekanis