PENINGKATAN KREATIVITAS MENULIS CERITA MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI DALAM KORAN HARIAN SOLO POS PADA SISWA KELAS VIIB SMP N 2 GROGOL, SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media gambar berseri dalam menulis cerita pada siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Grogol tahun pelajaran 2009 / 2010. Meningkatkan kreativitas siswa dalam menulis cerita dalam proses pembelajaran dengan memanfaatkan media gambar berseri sis...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: HIDAYATI, ENDANG NUR
格式: Thesis
语言:English
English
出版: 2010
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/9728/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media gambar berseri dalam menulis cerita pada siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Grogol tahun pelajaran 2009 / 2010. Meningkatkan kreativitas siswa dalam menulis cerita dalam proses pembelajaran dengan memanfaatkan media gambar berseri siswa di kelas VII B SMP Negeri 2 Grogol tahun pelajaran 2009 / 2010. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Grogol Tahun Pelajaran 2009 / 2010 mulai bulan April sampai Juni 2010. Subyek penelitian yaitu siswa kelas VIIB pada semester 2. Metode Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, interview/wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi dan metode analisis data melalui tiga tahap yaitu (1) Reduksi Data, (2) Sajian Data, (3) Penarikan Kesimpulan atau Verifikasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini ditunjukan pada evaluasi berdasarkan tindakan kelas, yaitu pembelajaran yang awalnya biasa saja menjadi pembelajaran yang menarik sehingga peserta didik menjadi aktif dan terjadi interaksi antar peserta didik. Pembelajaran dengan metode gambar berseri mampu meningkatkan kemampuan dalam menuntaskan belajar siswa di kelas. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas siswa pada kondisi awal diperoleh nilai rata-rata sebesar 69,03, pada siklus I meningkat menjadi 70,69, dan pada siklus II meningkat menjadi 73,51. 2) Pembelajaran dengan metode gambar berseri meningkatkan kemampuan, kreativitas, dan keaktifan peserta didik secara berarti. Hal ini ditunjukkan pada hasil evaluasi sebelum dan sesudah penelitian dan tanggapan guru kelas setelah rangkaian tindakan selesai. Keaktifan siswa dinilai memalui keaktifan bertanya mencapai 6 peserta didik (17,14%), pada siklus I mencapai 9 peserta didik (25,71), pada siklus II mencapai 19 peserta didik (54,29%).