PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 02 KWANGSAN JUMAPOLO, KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini (1) meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran dongeng dengan media boneka tangan, (2) meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dongeng dalam pembelajaran dongeng dengan media boneka tangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data dalam penelitian...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: L A S M I N I , L A S M I N I
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
出版事項: 2010
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/9726/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Tujuan penelitian ini (1) meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran dongeng dengan media boneka tangan, (2) meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dongeng dalam pembelajaran dongeng dengan media boneka tangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data dalam penelitian ini adalah informasi pembelajaran menyimak dan informasi kemampuan menyimak siswa dalam pengajaran dongeng dengan menggunakan media boneka tangan. Sumber data penelitian ini adalah tempat, peristiwa dan narasumber. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) teknik tes, (2) teknik wawancara, (3) teknik observasi, dan (4) dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan (1) teknik analisis kritis dan (2) teknik analisis komparatif. Hasil penelitian ini adalah (1) keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran mengalami peningkatan. Dengan hasil pada kondisi awal hanya 47 %, siklus I 52 % dan siklus II yaitu 82 % siswa yang aktif. (2) Terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam memahami dongeng. Dengan hasil pada kondisi awal 30 %, tindakan siklus I sebanyak 82 % , sedangkan pada tindakan siklus II sebanyak 88 % atau 15 siswa sudah mendapatkan nilai di atas KKM