EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI APTITUDE TREATMENT INTERACTION DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA 2009/2010

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Crossword Puzzel terhadap prestasi belajar matematika (2) Pengaruh Kemampuan awal terhadap prestasi belajar matematika (3) Pengaruh Motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa (4) Untuk mengetahui in...

Mô tả đầy đủ

Đã lưu trong:
Chi tiết về thư mục
Tác giả chính: WIYANTO, YULI TRI
Định dạng: Luận văn
Ngôn ngữ:English
English
Được phát hành: 2010
Những chủ đề:
Truy cập trực tuyến:https://eprints.ums.ac.id/9701/
Các nhãn: Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
Miêu tả
Tóm tắt:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Crossword Puzzel terhadap prestasi belajar matematika (2) Pengaruh Kemampuan awal terhadap prestasi belajar matematika (3) Pengaruh Motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa (4) Untuk mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran, kemampuan awal dan motivasi belajar matematika terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Mojolaban tahun ajaran 2008 / 2009 yang terdiri dari 6 kelas. Sampel digunakan diambil dengan cara cluster sampling dengan cara undian dan hasil dari teknik ini adalah kelas VII C sebagai kelas kontrol, VII A sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi tiga jalan dengan frekuensi tak sama yang sebelumnya di uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian pada α = 5% menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai sig. 0,039 < 0,05 (2) Terdapat pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa, dengan nilai sig. 0,040 < 0,05 (3) Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai sig. 0,000 < 0,01 (4) Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran, kemampuan awal siswa dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar, dengan nilai sig. 0,326 > 0,05.