KENDALA DAN SOLUSI PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI BERDASARKAN KTSP PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 SELOGIRI Tahun Ajaran 2009/2010

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis karangan narasi berdasarkan KTSP pada kelas VIII SMP N 2 Selogiri, (2) Mendeskripsikan kendala apa sajakah yang menghambat pembelajaran keterampilan menulis narasi berdasarkan KTSP pada kelas VIII SMP N...

Mô tả đầy đủ

Đã lưu trong:
Chi tiết về thư mục
Tác giả chính: KUSUMADEWI , SEVIKA CANDRA
Định dạng: Luận văn
Ngôn ngữ:English
English
Được phát hành: 2010
Những chủ đề:
Truy cập trực tuyến:https://eprints.ums.ac.id/9670/
Các nhãn: Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
Miêu tả
Tóm tắt:Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis karangan narasi berdasarkan KTSP pada kelas VIII SMP N 2 Selogiri, (2) Mendeskripsikan kendala apa sajakah yang menghambat pembelajaran keterampilan menulis narasi berdasarkan KTSP pada kelas VIII SMP N 2 Selogiri, (3) Mendeskripsikan upaya mengatasi kendala dalam pembelajaran keterampilan menulis karangan narasi berdasarkan KTSP pada kelas VIII SMP N 2 Selogiri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik analisis data menggunakan metode aktif interaktif, dimana pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan / verivikasi saling berkaitan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Pertama, Pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis narasi berdasarkan KTSP pada siswa kelas VIII B SMP N 2 Selogiri, guru sudah menyusun Rencana Pembelajaran. Metode yang digunakan adalah ceramah dan tanya jawab. Pembelajaran keterampilan menulis meliputi tiga tahapan awal, inti, dan penutup. Pada awal pembelajaran guru melakukan apersepsi dengan menjelaskan tujuan pembelajaran. Pada awal kegiatan inti, guru mengemukakan pokok-pokok materi tentang pembelajaran menulis narasi yang mengungkap berbagai informasi ke dalam bentuk narasi. Pada akhir pembelajaran guru melakukan apersepsi dengan menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan; kedua, kendala yang menghambat pembelajaran keterampilan menulis narasi berdasarkan KTSP pada kelas VIII SMP N 2 Selogiri antara lain (1) sarana prasarana, (2) kesiapan siswa dan guru (sumber daya manusia); kesiapan guru dalam pelaksanaan KTSP, dan kesiapan siswa dalam pembelajaran, (3) metode yang dipakai kurang bervariasi, (4) guru kurang memberi motivasi, dan (5) minimnya sumber materi yang digunakan guru, dan (6) siswa kurang berminat terhadap pembelajaran keterampilan menulis narasi; ketiga, upaya mengatasi kendala dalam pembelajaran keterampilan menulis karangan narasi berdasarkan KTSP pada kelas VIII SMP N 2 Selogiri antara lain: (1) Menambah pengadaan buku paket dan alat pembelajaran, (2) guru lebih kreatif supaya siswa tidak merasa jenuh dalam PBM, (3) guru mengubah metode pembelajaran, (4) memberi nilai-nilai tambahan, (5) guru menambah materi dari buku lain, dan siswa diberi tugas supaya lebih aktif, (6) memberi feedback atau umpan balik, supaya siswa memperhatikan pelajaran dengan baik.