PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SONOKULON 1 TODANAN BLORA TAHUN AJARAN 2009/2010

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan argumentasi dengan media gambar berseri pada siswa kelas IV, dan mengetahui faktor-faktor penghambat dalam peningkatan keterampilan menulis karangan argumentasi dengan media gambar berseri. Teknik...

Ausführliche Beschreibung

Gespeichert in:
Bibliographische Detailangaben
1. Verfasser: SETYONO , DANANG YULY
Format: Abschlussarbeit
Sprache:English
English
Veröffentlicht: 2010
Schlagworte:
Online Zugang:https://eprints.ums.ac.id/9647/
Tags: Tag hinzufügen
Keine Tags, Fügen Sie den ersten Tag hinzu!
Beschreibung
Zusammenfassung:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan argumentasi dengan media gambar berseri pada siswa kelas IV, dan mengetahui faktor-faktor penghambat dalam peningkatan keterampilan menulis karangan argumentasi dengan media gambar berseri. Teknik analisis data penelitian yang dipakai adalah model siklus. Prosedur penelitian ini didasarkan pada prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan tindakan (acting), (3) pengamatan (observing), (4) evaluasi (evaluating) dan (5) refleksi (reflekting). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut; (1) terdapat peningkatan dalam keterampilan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas IV SD Sonokulon 1 Todanan Blora, (2) pembelajaran dengan pemanfaatan media gambar berseri dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran, (3) pembelajaran dengan menggunakan media gambar berseri mampu menciptakan suasana yang baru dan menarik, sehingga siswa menjadi lebih imajinatif dalam mengembangkan keterampilan menulis karangan argumentasi.