HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Boyolali. 2) Pengaruh kondisi lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Boyolali. 3) Pengaruh antara motivasi be...

Ausführliche Beschreibung

Gespeichert in:
Bibliographische Detailangaben
1. Verfasser: PURWASIH , DWI SRI
Format: Abschlussarbeit
Sprache:English
English
Veröffentlicht: 2010
Schlagworte:
Online Zugang:https://eprints.ums.ac.id/9617/
Tags: Tag hinzufügen
Keine Tags, Fügen Sie den ersten Tag hinzu!
_version_ 1804994859844501504
author PURWASIH , DWI SRI
author_facet PURWASIH , DWI SRI
author_sort PURWASIH , DWI SRI
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Boyolali. 2) Pengaruh kondisi lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Boyolali. 3) Pengaruh antara motivasi belajar, lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 3 Boyolali. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Boyolali yang berjumlah 120 siswa. Sampel diambil sebanyak 89 orang siswa dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Boyolali. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,623 > 1,988 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Boyolali. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,539 > 1,988 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Motivasi belajar dan lingkungan sekolah secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Boyolali. Kesimpulan ini berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 34,047 > 3,103 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel motivasi belajar memberikan sumbangan efektif 25,9%. Variabel lingkungan sekolah memberikan sumbangan efektif 18,3%. Dengan membandingkan nilai sumbangan efektif nampak bahwa variabel motivasi belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar dibandingkan variabel lingkungan sekolah.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9617
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9617 https://eprints.ums.ac.id/9617/ HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010 PURWASIH , DWI SRI L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Boyolali. 2) Pengaruh kondisi lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Boyolali. 3) Pengaruh antara motivasi belajar, lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 3 Boyolali. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Boyolali yang berjumlah 120 siswa. Sampel diambil sebanyak 89 orang siswa dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Boyolali. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,623 > 1,988 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Boyolali. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,539 > 1,988 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Motivasi belajar dan lingkungan sekolah secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Boyolali. Kesimpulan ini berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 34,047 > 3,103 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel motivasi belajar memberikan sumbangan efektif 25,9%. Variabel lingkungan sekolah memberikan sumbangan efektif 18,3%. Dengan membandingkan nilai sumbangan efektif nampak bahwa variabel motivasi belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar dibandingkan variabel lingkungan sekolah. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9617/1/A210060085.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9617/4/A210060085.pdf PURWASIH , DWI SRI (2010) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A210060085
spellingShingle L Education (General)
PURWASIH , DWI SRI
HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010
title HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_fullStr HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_short HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_sort hubungan motivasi belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas xi ilmu pengetahuan sosial sekolah menengah atas negeri 3 boyolali tahun ajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/9617/
work_keys_str_mv AT purwasihdwisri hubunganmotivasibelajardanlingkungansekolahterhadapprestasibelajarakuntansipadasiswakelasxiilmupengetahuansosialsekolahmenengahatasnegeri3boyolalitahunajaran20092010