PENINGKATAN PEMBELAJARAN EKONOMI KONSEP PRINSIP EKONOMI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SMP N 2 TODANAN

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan peningkatan kualitas proses pembelajaran ekonomi konsep prinsip ekonomi melalui pembelajaran kontekstual di SMP Negeri 2 Todanan Kabupaten Blora. (2) Untuk mendekripsikan peningkatan kualitas hasil pembelajara ekonomi konsep prinsip ekonomi me...

সম্পূর্ণ বিবরণ

সংরক্ষণ করুন:
গ্রন্থ-পঞ্জীর বিবরন
প্রধান লেখক: SUBIYANA, JAKA
বিন্যাস: গবেষণাপত্র
ভাষা:English
English
প্রকাশিত: 2010
বিষয়গুলি:
অনলাইন ব্যবহার করুন:https://eprints.ums.ac.id/9615/
ট্যাগগুলো: ট্যাগ যুক্ত করুন
কোনো ট্যাগ নেই, প্রথমজন হিসাবে ট্যাগ করুন!
_version_ 1804994859293999104
author SUBIYANA, JAKA
author_facet SUBIYANA, JAKA
author_sort SUBIYANA, JAKA
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan peningkatan kualitas proses pembelajaran ekonomi konsep prinsip ekonomi melalui pembelajaran kontekstual di SMP Negeri 2 Todanan Kabupaten Blora. (2) Untuk mendekripsikan peningkatan kualitas hasil pembelajara ekonomi konsep prinsip ekonomi melalui pembelajaran kontekstual di SMP Negeri 2 Todanan Kabupaten Blora. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Todanan, menggunakan pendekatan kualitatif kolaboratif. Untuk memperoleh data dalam penelitian digunakan metode, observasi, tes hasil belajar dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran Ekonomi Konsep Prinsip Ekonomi Melalui Pembelajaran Kontekstual di SMP Negeri 2 Todanan Kabupaten Blora. Peningkatan kualitas proses pembelajaran ekonomi konsep prinsip ekonomi melalui pembelajaran konteksual, terbukti dapat meningkatkan kualitas proses belajar dari prasiklus ke siklus 1 sebesar 16,7%. Dengan menggunakan metode kontekstual siswa lebih termotivasi, karena siswa terlibat langsung untuk memecahkan permasalahan. Peningkatan kualitas proses pembelajaran dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 10,8%. Terjadinya peningkatan motivasi belajar disebabkan karena siswa telah dapat menyesuaikan cara-cara belajar dalam kelompok. Peningkatan motivasi siswa terjadi pada indikator keberanian bertanya 20%, keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran 17,5%, berani mengemukakan pendapat dalam setiap diskusi 10%, penyelesaian tugas 10%, inisiatif 7,5%, dan semangat siswa 2,5%. (2) Peningkatan Kualitas Hasil Belajar Ekonomi Konsep Prinsip Ekonomi Melalui Pembelajaran Kontekstual di SMP Negeri 2 Todanan Kabupaten Blora. Peningkatan kualitas hasil pembelajaran dari prasiklus ke siklus 1 ditunjukkan dengan meningkatnya nilai ketuntasan belajar rata-rata 0,2 dengan ketuntasan meningkat 6 siswa (15,8%). Peningkatan hasil pembelajaran dari siklus 1 ke siklus 2 rata-rata 0,4 dengan ketuntasan meningkat 6 siswa (15,8%).
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9615
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9615 https://eprints.ums.ac.id/9615/ PENINGKATAN PEMBELAJARAN EKONOMI KONSEP PRINSIP EKONOMI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SMP N 2 TODANAN SUBIYANA, JAKA LB Theory and practice of education Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan peningkatan kualitas proses pembelajaran ekonomi konsep prinsip ekonomi melalui pembelajaran kontekstual di SMP Negeri 2 Todanan Kabupaten Blora. (2) Untuk mendekripsikan peningkatan kualitas hasil pembelajara ekonomi konsep prinsip ekonomi melalui pembelajaran kontekstual di SMP Negeri 2 Todanan Kabupaten Blora. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Todanan, menggunakan pendekatan kualitatif kolaboratif. Untuk memperoleh data dalam penelitian digunakan metode, observasi, tes hasil belajar dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran Ekonomi Konsep Prinsip Ekonomi Melalui Pembelajaran Kontekstual di SMP Negeri 2 Todanan Kabupaten Blora. Peningkatan kualitas proses pembelajaran ekonomi konsep prinsip ekonomi melalui pembelajaran konteksual, terbukti dapat meningkatkan kualitas proses belajar dari prasiklus ke siklus 1 sebesar 16,7%. Dengan menggunakan metode kontekstual siswa lebih termotivasi, karena siswa terlibat langsung untuk memecahkan permasalahan. Peningkatan kualitas proses pembelajaran dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 10,8%. Terjadinya peningkatan motivasi belajar disebabkan karena siswa telah dapat menyesuaikan cara-cara belajar dalam kelompok. Peningkatan motivasi siswa terjadi pada indikator keberanian bertanya 20%, keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran 17,5%, berani mengemukakan pendapat dalam setiap diskusi 10%, penyelesaian tugas 10%, inisiatif 7,5%, dan semangat siswa 2,5%. (2) Peningkatan Kualitas Hasil Belajar Ekonomi Konsep Prinsip Ekonomi Melalui Pembelajaran Kontekstual di SMP Negeri 2 Todanan Kabupaten Blora. Peningkatan kualitas hasil pembelajaran dari prasiklus ke siklus 1 ditunjukkan dengan meningkatnya nilai ketuntasan belajar rata-rata 0,2 dengan ketuntasan meningkat 6 siswa (15,8%). Peningkatan hasil pembelajaran dari siklus 1 ke siklus 2 rata-rata 0,4 dengan ketuntasan meningkat 6 siswa (15,8%). 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9615/2/Q100080016.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9615/1/Q100080016.pdf SUBIYANA, JAKA (2010) PENINGKATAN PEMBELAJARAN EKONOMI KONSEP PRINSIP EKONOMI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SMP N 2 TODANAN. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Q100080016
spellingShingle LB Theory and practice of education
SUBIYANA, JAKA
PENINGKATAN PEMBELAJARAN EKONOMI KONSEP PRINSIP EKONOMI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SMP N 2 TODANAN
title PENINGKATAN PEMBELAJARAN EKONOMI KONSEP PRINSIP EKONOMI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SMP N 2 TODANAN
title_full PENINGKATAN PEMBELAJARAN EKONOMI KONSEP PRINSIP EKONOMI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SMP N 2 TODANAN
title_fullStr PENINGKATAN PEMBELAJARAN EKONOMI KONSEP PRINSIP EKONOMI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SMP N 2 TODANAN
title_full_unstemmed PENINGKATAN PEMBELAJARAN EKONOMI KONSEP PRINSIP EKONOMI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SMP N 2 TODANAN
title_short PENINGKATAN PEMBELAJARAN EKONOMI KONSEP PRINSIP EKONOMI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SMP N 2 TODANAN
title_sort peningkatan pembelajaran ekonomi konsep prinsip ekonomi melalui pembelajaran kontekstual di smp n 2 todanan
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/9615/
work_keys_str_mv AT subiyanajaka peningkatanpembelajaranekonomikonsepprinsipekonomimelaluipembelajarankontekstualdismpn2todanan