PENINGKATAN PEMBELAJARAN EKONOMI KONSEP PRINSIP EKONOMI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SMP N 2 TODANAN
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan peningkatan kualitas proses pembelajaran ekonomi konsep prinsip ekonomi melalui pembelajaran kontekstual di SMP Negeri 2 Todanan Kabupaten Blora. (2) Untuk mendekripsikan peningkatan kualitas hasil pembelajara ekonomi konsep prinsip ekonomi me...
محفوظ في:
المؤلف الرئيسي: | |
---|---|
التنسيق: | أطروحة |
اللغة: | English English |
منشور في: |
2010
|
الموضوعات: | |
الوصول للمادة أونلاين: | https://eprints.ums.ac.id/9615/ |
الوسوم: |
إضافة وسم
لا توجد وسوم, كن أول من يضع وسما على هذه التسجيلة!
|
_version_ | 1804994859293999104 |
---|---|
author | SUBIYANA, JAKA |
author_facet | SUBIYANA, JAKA |
author_sort | SUBIYANA, JAKA |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan peningkatan kualitas proses pembelajaran ekonomi konsep prinsip ekonomi melalui pembelajaran kontekstual di SMP Negeri 2 Todanan Kabupaten Blora. (2) Untuk mendekripsikan
peningkatan kualitas hasil pembelajara ekonomi konsep prinsip ekonomi melalui pembelajaran kontekstual di SMP Negeri 2 Todanan Kabupaten Blora. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Todanan, menggunakan pendekatan kualitatif kolaboratif. Untuk memperoleh data dalam penelitian digunakan metode, observasi, tes hasil belajar dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran Ekonomi Konsep Prinsip Ekonomi Melalui Pembelajaran Kontekstual di SMP Negeri 2 Todanan Kabupaten Blora. Peningkatan kualitas proses pembelajaran ekonomi konsep prinsip ekonomi melalui pembelajaran konteksual, terbukti dapat meningkatkan kualitas proses belajar dari prasiklus ke siklus 1 sebesar 16,7%. Dengan menggunakan metode kontekstual siswa lebih termotivasi, karena siswa terlibat langsung untuk memecahkan permasalahan. Peningkatan kualitas proses pembelajaran dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 10,8%. Terjadinya peningkatan motivasi belajar disebabkan karena siswa telah dapat menyesuaikan cara-cara belajar dalam kelompok. Peningkatan motivasi siswa terjadi pada indikator keberanian bertanya 20%, keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran 17,5%, berani mengemukakan pendapat dalam setiap diskusi 10%, penyelesaian tugas 10%, inisiatif 7,5%, dan semangat siswa 2,5%. (2) Peningkatan Kualitas Hasil Belajar Ekonomi Konsep Prinsip Ekonomi Melalui Pembelajaran Kontekstual di SMP Negeri 2 Todanan Kabupaten Blora. Peningkatan kualitas hasil
pembelajaran dari prasiklus ke siklus 1 ditunjukkan dengan meningkatnya nilai ketuntasan belajar rata-rata 0,2 dengan ketuntasan meningkat 6 siswa (15,8%). Peningkatan hasil pembelajaran dari siklus 1 ke siklus 2 rata-rata 0,4 dengan
ketuntasan meningkat 6 siswa (15,8%). |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:9615 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:9615 https://eprints.ums.ac.id/9615/ PENINGKATAN PEMBELAJARAN EKONOMI KONSEP PRINSIP EKONOMI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SMP N 2 TODANAN SUBIYANA, JAKA LB Theory and practice of education Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan peningkatan kualitas proses pembelajaran ekonomi konsep prinsip ekonomi melalui pembelajaran kontekstual di SMP Negeri 2 Todanan Kabupaten Blora. (2) Untuk mendekripsikan peningkatan kualitas hasil pembelajara ekonomi konsep prinsip ekonomi melalui pembelajaran kontekstual di SMP Negeri 2 Todanan Kabupaten Blora. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Todanan, menggunakan pendekatan kualitatif kolaboratif. Untuk memperoleh data dalam penelitian digunakan metode, observasi, tes hasil belajar dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran Ekonomi Konsep Prinsip Ekonomi Melalui Pembelajaran Kontekstual di SMP Negeri 2 Todanan Kabupaten Blora. Peningkatan kualitas proses pembelajaran ekonomi konsep prinsip ekonomi melalui pembelajaran konteksual, terbukti dapat meningkatkan kualitas proses belajar dari prasiklus ke siklus 1 sebesar 16,7%. Dengan menggunakan metode kontekstual siswa lebih termotivasi, karena siswa terlibat langsung untuk memecahkan permasalahan. Peningkatan kualitas proses pembelajaran dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 10,8%. Terjadinya peningkatan motivasi belajar disebabkan karena siswa telah dapat menyesuaikan cara-cara belajar dalam kelompok. Peningkatan motivasi siswa terjadi pada indikator keberanian bertanya 20%, keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran 17,5%, berani mengemukakan pendapat dalam setiap diskusi 10%, penyelesaian tugas 10%, inisiatif 7,5%, dan semangat siswa 2,5%. (2) Peningkatan Kualitas Hasil Belajar Ekonomi Konsep Prinsip Ekonomi Melalui Pembelajaran Kontekstual di SMP Negeri 2 Todanan Kabupaten Blora. Peningkatan kualitas hasil pembelajaran dari prasiklus ke siklus 1 ditunjukkan dengan meningkatnya nilai ketuntasan belajar rata-rata 0,2 dengan ketuntasan meningkat 6 siswa (15,8%). Peningkatan hasil pembelajaran dari siklus 1 ke siklus 2 rata-rata 0,4 dengan ketuntasan meningkat 6 siswa (15,8%). 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9615/2/Q100080016.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9615/1/Q100080016.pdf SUBIYANA, JAKA (2010) PENINGKATAN PEMBELAJARAN EKONOMI KONSEP PRINSIP EKONOMI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SMP N 2 TODANAN. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Q100080016 |
spellingShingle | LB Theory and practice of education SUBIYANA, JAKA PENINGKATAN PEMBELAJARAN EKONOMI KONSEP PRINSIP EKONOMI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SMP N 2 TODANAN |
title | PENINGKATAN PEMBELAJARAN EKONOMI KONSEP PRINSIP EKONOMI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SMP N 2 TODANAN |
title_full | PENINGKATAN PEMBELAJARAN EKONOMI KONSEP PRINSIP EKONOMI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SMP N 2 TODANAN |
title_fullStr | PENINGKATAN PEMBELAJARAN EKONOMI KONSEP PRINSIP EKONOMI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SMP N 2 TODANAN |
title_full_unstemmed | PENINGKATAN PEMBELAJARAN EKONOMI KONSEP PRINSIP EKONOMI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SMP N 2 TODANAN |
title_short | PENINGKATAN PEMBELAJARAN EKONOMI KONSEP PRINSIP EKONOMI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SMP N 2 TODANAN |
title_sort | peningkatan pembelajaran ekonomi konsep prinsip ekonomi melalui pembelajaran kontekstual di smp n 2 todanan |
topic | LB Theory and practice of education |
url | https://eprints.ums.ac.id/9615/ |
work_keys_str_mv | AT subiyanajaka peningkatanpembelajaranekonomikonsepprinsipekonomimelaluipembelajarankontekstualdismpn2todanan |