PENGELOLAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SMP 3 CEPU

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan aktifitas supervisor pembelajaran di SMP 3 Cepu, 2) mendeskripsikan interaksi supervisor dan guru pada supervisi pembelajaran di SMP 3 Cepu. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tiga cara yaitu metod...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: MURSIDI, ALI
格式: Thesis
语言:English
English
出版: 2010
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/9609/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan aktifitas supervisor pembelajaran di SMP 3 Cepu, 2) mendeskripsikan interaksi supervisor dan guru pada supervisi pembelajaran di SMP 3 Cepu. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tiga cara yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis datanya melalui beberapa tahapan antara lain reduksi data, sajian data dan verivikasi/kesimpulan. Selanjutnya dalam menentukan keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Setelah iru ditentukan temuan penelitian, pembahasan dan dibuat kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) karakteristik aktivitas supervsisi pembelajaran di SMP 3 Cepu meliputi terdapat perencanaan secara bersama antara supervisor dan guru, terdapat perumusan persiapan pelaksanaan supervisi, dilakukannya observasi kelas, mempersiapkan strategi, teknik dan taktik supervisi, dilakukan pengamatan secara intensif terhadap guru pada waktu mengajar, mencatat hasil pengamatan, dilakukan analisis data. 2) karakteristik interaksi kepala sekolah dan guru dalam supervisi pembelajaran di SMP 3 Cepu antara lain menciptakan suasana yang akrab dan terbuka, terdapat komunikasi yang efektif, saling memberi penguatan, mengkaji data hasil pengamatan, terdapat umpan balik yang positif (feedback), guru mengungkapkan persepsi setelah melaksanakan kegiatan mengajar, memberikan kesan dan pesan kepada guru untuk perbaikan. Sehingga melalui supervisi pembelajaran yang sesuai dengan prosedur, akan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran secara keseluruhan.