PENGARUH METODE BILINGUAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 BATURETNO TAHUN AJARAN

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh metode bilingual terhadap prestasi belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa kelas VII SMP N 1 Baturetno tahun pelajaran 2009/2010. 2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran ilmu pengeta...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PUTRI, NATALIA KUSUMA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9578/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994849398587392
author PUTRI, NATALIA KUSUMA
author_facet PUTRI, NATALIA KUSUMA
author_sort PUTRI, NATALIA KUSUMA
collection ePrints
description Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh metode bilingual terhadap prestasi belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa kelas VII SMP N 1 Baturetno tahun pelajaran 2009/2010. 2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa kelas VII SMP N 1 Baturetno tahun pelajaran 2009/2010. 3) pengaruh interaksi metode bilingual dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa kelas VII SMP N 1 Baturetno tahun pelajaran 2009/2010. Jenis penelitian ini adalah penelitian semu (quasi-experimental research). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 120 siswa, sedangkan sampel diambil 65 siswa yang terbagi dua kelas, yaitu 33 siswa untuk kelas eksperimen dan 32 siswa untuk kelas kontrol, dengan teknik pengambilan sampelnya adalah simple random sampling. Teknik pengambilan data menggunkan angket dan dokumentasi. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan frekuensi sel tak sama. Hasil penelitian menggunakan α = 5% menunjukkan 1) Metode bilingual berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan pasar, dengan nilai signifikansi 0,034 < 0,05. Rata-rata nilai prestasi belajar siswa metode pembelajaran bilingual lebih besar dari siswa metode pembelajaran konvensional, yaitu 71,094 > 64,007. 2) Motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan pasar, dengan nilai signifikansi 0,008 < 0,05. a) Prestasi belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih baik dari siswa yang memiliki motivasi belajar sedang, dengan perbedaan rata-rata prestasi sebesar 9,734. b) Prestasi belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih baik dari siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan perbedaaan rata-rata prestasi belajar sebesar 14,1180. c) Tidak terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara siswa yang yang memiliki motivasi belajar sedang dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, dengan perbedaaan rata-rata prestasi belajar sebesar 4,1446. 3) Tidak terdapat interaksi antara metode bilingual dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar, dengan nilai signifikansi 0,771 > 0,05.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9578
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9578 https://eprints.ums.ac.id/9578/ PENGARUH METODE BILINGUAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 BATURETNO TAHUN AJARAN PUTRI, NATALIA KUSUMA L Education (General) Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh metode bilingual terhadap prestasi belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa kelas VII SMP N 1 Baturetno tahun pelajaran 2009/2010. 2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa kelas VII SMP N 1 Baturetno tahun pelajaran 2009/2010. 3) pengaruh interaksi metode bilingual dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa kelas VII SMP N 1 Baturetno tahun pelajaran 2009/2010. Jenis penelitian ini adalah penelitian semu (quasi-experimental research). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 120 siswa, sedangkan sampel diambil 65 siswa yang terbagi dua kelas, yaitu 33 siswa untuk kelas eksperimen dan 32 siswa untuk kelas kontrol, dengan teknik pengambilan sampelnya adalah simple random sampling. Teknik pengambilan data menggunkan angket dan dokumentasi. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan frekuensi sel tak sama. Hasil penelitian menggunakan α = 5% menunjukkan 1) Metode bilingual berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan pasar, dengan nilai signifikansi 0,034 < 0,05. Rata-rata nilai prestasi belajar siswa metode pembelajaran bilingual lebih besar dari siswa metode pembelajaran konvensional, yaitu 71,094 > 64,007. 2) Motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan pasar, dengan nilai signifikansi 0,008 < 0,05. a) Prestasi belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih baik dari siswa yang memiliki motivasi belajar sedang, dengan perbedaan rata-rata prestasi sebesar 9,734. b) Prestasi belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih baik dari siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan perbedaaan rata-rata prestasi belajar sebesar 14,1180. c) Tidak terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara siswa yang yang memiliki motivasi belajar sedang dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, dengan perbedaaan rata-rata prestasi belajar sebesar 4,1446. 3) Tidak terdapat interaksi antara metode bilingual dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar, dengan nilai signifikansi 0,771 > 0,05. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9578/1/A210060021.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9578/3/A210060021.pdf PUTRI, NATALIA KUSUMA (2010) PENGARUH METODE BILINGUAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 BATURETNO TAHUN AJARAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A210060021
spellingShingle L Education (General)
PUTRI, NATALIA KUSUMA
PENGARUH METODE BILINGUAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 BATURETNO TAHUN AJARAN
title PENGARUH METODE BILINGUAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 BATURETNO TAHUN AJARAN
title_full PENGARUH METODE BILINGUAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 BATURETNO TAHUN AJARAN
title_fullStr PENGARUH METODE BILINGUAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 BATURETNO TAHUN AJARAN
title_full_unstemmed PENGARUH METODE BILINGUAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 BATURETNO TAHUN AJARAN
title_short PENGARUH METODE BILINGUAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 BATURETNO TAHUN AJARAN
title_sort pengaruh metode bilingual dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa kelas vii smp n 1 baturetno tahun ajaran
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/9578/
work_keys_str_mv AT putrinataliakusuma pengaruhmetodebilingualdanmotivasibelajarterhadapprestasibelajarmatapelajaranilmupengetahuansosialpadasiswakelasviismpn1baturetnotahunajaran