PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD (Studi Kasus : CV. TEKANATURA SRAGEN)

Penelitian ini dilakukan di CV. Tekanatura, yang merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang ekspor furniture. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pengukuran kinerja yang meliputi perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perpektif proses bisnis dan intrnal, perspektif...

Descripción completa

Guardado en:
Detalles Bibliográficos
Autor principal: WIBOWO, SRI
Formato: Tesis
Lenguaje:English
English
Publicado: 2010
Materias:
Acceso en línea:https://eprints.ums.ac.id/9267/
Etiquetas: Agregar Etiqueta
Sin Etiquetas, Sea el primero en etiquetar este registro!
Descripción
Sumario:Penelitian ini dilakukan di CV. Tekanatura, yang merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang ekspor furniture. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pengukuran kinerja yang meliputi perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perpektif proses bisnis dan intrnal, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Dalam penelitian ini menggunakan metode Balanced Scorecard generasi kedua. Pembobotan elemen-elemen yang terdapat dalam pengukuran kinerja dilakukan dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan bantuan sofware Expert Choice, sedangkan untuk penghitungan skornya menggunakan metode Objective Matrix (OMAX). Hasil identifikasi berdasarkan sasaran strategis (strategic objectives), terbentuk 10 KPI (Key Performance Indicator), yang terdiri dari 3 KPI pada perspektif keuangan, 2 KPI pada perspektif pelanggan, 3 KPI pada perspektif proses bisnis internal, dan 2 KPI pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Sedangkan hasil total indeks pencapaian kinerja keseluruhan adalah 4,433265 dengan kategori cukup baik.