PENGARUH PARTISIPASI PEMAKAI TERHADAP KEPUASAN PEMAKAI DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DENGAN LIMA VARIABEL MODERATING

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi serta pengaruh dukungan manajemen puncak, komunikasi pemakai pengembang, kompleksitas tugas, kompleksitas sistem dan pengaruh pemakai merupakan variabel moderasi terhad...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: PURNAMASARI , IKA RIZKI
格式: Thesis
語言:English
English
出版: 2010
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/9143/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi serta pengaruh dukungan manajemen puncak, komunikasi pemakai pengembang, kompleksitas tugas, kompleksitas sistem dan pengaruh pemakai merupakan variabel moderasi terhadap hubungan antara partisipasi pemakai dan kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi. Beberapa penelitian menunjukkan hasil yang bervariasi, sehingga penelitian ini akan menguji kembali faktor-faktor kontinjensi yang mempengaruhi hubungan antara partisipasi pemakai dengan kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi. Pengujian dilakukan pada dua bank milik pemerintah di Kota Surakarta yaitu BRI dan Bank Jateng. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode convenience sampling. Sampel yang digunakan adalah karyawan perbankan milik pemerintah pada bagian account officer, teller, dan customer service yang menggunakan dan terliibat dalam pengembangan sistem informasi, dan didapatkan sampel sebanyak 43 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple linier regression untuk menguji hubungan antara partisipasi pemakai dengan kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi, sedangkan moderated regression analysis (MRA) untuk menguji pengaruh variabel moderasi. Instrumen yang digunakan dinyatakan valid dan reliabel, serta tidak terdapat masalah asumsi klasik yang berarti pada model regresi. Hipotesis pertama dari penelitian ini terdukung, sehingga partisipasi pemakai berpengaruh terhadap kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi Hipotesis kedua dari penelitian ini juga menunjukkan hasil terdukung secara statistik yang menunjukkan bahwa dukungan manajemen puncak sebagai quasi moderator dalam pengaruh antara partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi. Hipotesis ketiga sampai keenam dalam penelitian ini tidak terdukung secara statistikdan menunjukkan bahwa komunikasi pemakai pengembang, kompleksitas tugas, kompleksitas sistem dan pengaruh pemakai hanya merupakan independent predictor.