MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH ALTERNATIF QARYAH THAYYIBAH SALATIGA TAHUN AJARAN 2009/2010
Manajemen Pengelolaan Kelas adalah manajemen yang memberikan otonomi kepada guru atau manajer untuk mengolah semua sumber daya yang di miliki secara partisipatif dengan melibatkan langsung semua warga belajar untuk meningkatkan mutu pendidikan berdasarkan satndar kelulusan nasional. Sekolah Alte...
Đã lưu trong:
Tác giả chính: | |
---|---|
Định dạng: | Luận văn |
Ngôn ngữ: | English English |
Được phát hành: |
2010
|
Những chủ đề: | |
Truy cập trực tuyến: | https://eprints.ums.ac.id/9091/ |
Các nhãn: |
Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
|
Tóm tắt: | Manajemen Pengelolaan Kelas adalah manajemen yang memberikan
otonomi kepada guru atau manajer untuk mengolah semua sumber daya yang di
miliki secara partisipatif dengan melibatkan langsung semua warga belajar untuk
meningkatkan mutu pendidikan berdasarkan satndar kelulusan nasional. Sekolah
Alternatif Qaryah Thayyibah adalah salah satu lembaga pendidikan setingkat
SMP dan SMA yang saat ini berusaha mewujudkan pendidikan bermutu bagi
semua kalangan dan mengembalikan hak siswa untuk belajar. Di antara usaha
yang di laksanakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah menfasilitasi
pendidikan murah dan bermutu serta pelaksanaan pendidikan yang berpihak pada
kebutuhan lingkungan sekitar serta siswa itu sendiri, hal ini didasari dari
partisipasi semua komponen Qaryah Thayyibah yang bercita-cita menciptakan
warga belajar yang mandiri dan bermanfaat.
Dari latar belakang tersebut, permasalahan yang dihadapi adalah
bagaimana pelaksanaan manajemen berbasis kelas yang dilakukan di Sekolah
alternatif Qaryah Thayyibah salatiga serta bagaimana menjadikan pengelolaan
yang berbasis pada siswa bisa berjalan dengan baik. Oleh karena itu lembaga ini
menarik untuk diteliti dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan manajemen
yang di terapkan, sudah sesuaikah dengan konsep manajemen berbasis kelas serta
bagaimana mengkondisikan pengelolaan yang sepenuhnya diserahkan kepada
siswa bisa menjadi titik lebih dari pengelolaan pada lembaga pendidikan lain yang
hanya berfokus pada guru. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan.
Adapun pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan diskriptif kualitatif.
Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, interview, dan
dokumentasi. Dalam menganalisis data digunakan metode diskriptif komparatif
yaitu membuat generalisasi berdasar fakta dan peristiwa selanjutnya hasil dari
analisis dibandingkan dengan konsep ilmiah yang menjadi standar pendekatan
dalam penelitian ini.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwasanya Sekolah alternatif Qaryah
Thayyibah adalah lembaga pendidikan yang menjalankan pelaksanaan manajemen
yang berorientasi kepada penanaman kesadaran, fleksibel, sesuai dengan
kebutuhan siswa dan mengembalikan hak siswa untuk belajar. Pengelolaan kelas
dan aktifitas di QT sepenuhnya siserahkan kepada siswa, baik pengelolaan
menyangkut siswa itu sendiri maupun pengelolaan menyangkut fisik kelas, siswa
sebagai aktor-aktor yang menjalani pendidikan akan lebih tau tentang apa yang
mereka butuhkan, atau bagaimana seharusnya mereka belajar, pengelolaan oleh
siswa itu sendiri juga merupakan pembelajaran yang sangat penting bagi mereka.
Dengan kesadaran untuk belajar dan mempunyai tanggung jawab serta mampu
merealisasikan apa yang dipelajari merupakan nilai tambah bagi siswa-siswi di
QT. Prestasi bagi pelaksana pendidikan di QT bukan sekedar siswa bisa mencapai
nilai tinggi yang berbentuk angka, akan tetapi lebih jika siswa itu cinta akan
belajar dan mampu merealisasikan apa yang dipelajari serta memberi manfaat
bagi pribadi dan lingkunganya. |
---|