FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN PROFESI AKUNTAN PUBLIK BAGI MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI (Survei di UNS, UMS, dan STIE SURAKARTA)
Pilihan karier mahasiswa dipengaruhi oleh berbagai faktor di antaranya gaji/ penghasilandan persepsinya terhadap suatu profesi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh dan dominan terhadap pemilihan profesi akuntan publik pada mahasiswa dan mahasiswi reguler, mahasis...
Đã lưu trong:
Tác giả chính: | |
---|---|
Định dạng: | Luận văn |
Ngôn ngữ: | English English |
Được phát hành: |
2010
|
Những chủ đề: | |
Truy cập trực tuyến: | https://eprints.ums.ac.id/9034/ |
Các nhãn: |
Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
|
Tóm tắt: | Pilihan karier mahasiswa dipengaruhi oleh berbagai faktor di antaranya gaji/ penghasilandan persepsinya terhadap suatu profesi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh dan dominan terhadap pemilihan profesi akuntan publik pada mahasiswa dan mahasiswi reguler, mahasiswa perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) di Surakarta.
Sampel penelitian ditentukan secara Nonprobability Sampling dengan purposive sampling dengan kriteria mahasiswa Mahasiswa akuntansi S-1 Reguler yang berada pada tingkat III, dan akhir yang telah lulus atau sedang menempuh mata kuliah Pengauditan I atau Pengauditan II. Penulis memutuskan mengambil sampel sebanyak 60 mahasiswa. Pengambilan sampel ini didasarkan pada pendapat Roscoe ( 1975 : 55 ) yang menyatakan bahwa ukuran sampel untuk setiap penelitian harus berada antara 30 dan 500 ( Wibisono, 2000). Data yang dikumpulkan berupa data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner . Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan teknik Regresi Logistik, disamping adanya uji validitas dan realibilitas, serta Mann-Whitney U-Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada faktor- faktor yang mempengaruhi pilihan profesi akuntan publik pada mahasiswa S1 Reguler pada PTN dan PTS di Surakarta.
|
---|