PELAKSANAAN METODE ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIQIH BAGI SISWA KELAS VIII PROGRAM KHUSUS MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SURAKARTA 1 TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran, tidak terlepas dari sebuah metode yang digunakan. Dalam hal ini, metode yang digunakan adalah metode Active Learning, yaitu suatu metode pembelajaran yang mengajak siswa untuk belajar secara aktif, mereka secara aktif menggunakan otak, baik untuk menemukan i...
Uloženo v:
Hlavní autor: | |
---|---|
Médium: | Diplomová práce |
Jazyk: | English English |
Vydáno: |
2010
|
Témata: | |
On-line přístup: | https://eprints.ums.ac.id/8882/ |
Tagy: |
Přidat tag
Žádné tagy, Buďte první, kdo vytvoří štítek k tomuto záznamu!
|
Shrnutí: | Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran, tidak terlepas dari sebuah metode yang digunakan. Dalam hal ini, metode yang digunakan adalah metode Active
Learning, yaitu suatu metode pembelajaran yang mengajak siswa untuk belajar secara
aktif, mereka secara aktif menggunakan otak, baik untuk menemukan ide pokok dari
mata pelajaran, memecahkan persoalan, atau mengaplikasikan apa yang baru mereka
pelajari ke dalam suatu persoalan yang ada dalam kehidupan nyata.
Fiqih merupakan salah satu ilmu yang sangat erat kaitannya dengan
kehidupan sehari-hari. Fiqih adalah ilmu pengetahuan yang membahas tentang
masalah-masalah hukum Islam dan peraturan -peraturan yang berhubungan dengan
kehidupan manusia, baik yang bersifat individu maupun kelompok.
Madrasah Tsanawiyah Negeri Surakarta 1 adalah salah satu sekolah
menengah pertama yang berstatus negeri dan menitikberatkan pada pelajaran agama
Islam. Sekolah ini mempunyai suatu program khusus, yaitu Fullday School di mana
siswa memulai aktivitas belajarnya dari pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 15.30
WIB. Wujud upaya peningkatan mutu yang ditempuh oleh MTsN Surakarta 1 di
antaranya adalah dengan menerapkan metode Active Learning yang merupakan
pengembangan untuk peningkatan mutu pendidikan di Indonesia, khususnya di
MTsN Surakarta 1.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan metode
Active Learning dalam pembelajaran Fiqih bagi siswa kelas VIII Program Kh usus di
MTsN Surakarta 1 serta apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam
pelaksanaan metode Active Learning tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pelaksanaan metode Active Learning pada pembelajaran Fiqih bagi siswa
kelas VIII Program Khusus di MTsN Surakarta 1 serta faktor pendukung dan faktor
penghambat dalam pelaksanaan metode Active Learning tersebut. Jenis penelitian ini
adalah field research yang bertempat di MTsN Surakarta 1. Metode penentuan subjek
dalam penelitian ini menggunakan populasi dan purposive sampling. Sedangkan data
dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, interview dan dokumentasi yang
kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Madrasah Tsanawiyah Negeri Surakarta 1 mempunyai 8 (delapan) ruang
untuk kelas VIII, salah satunya dijadikan kelas Program Khusus, dimana hasil dari
penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran Fiqih bagi siswa kelas VIII Program
Khusus di MTsN Surakarta 1 tidak hanya menggunakan metode ce ramah saja, akan
tetapi juga menggunakan metode Active Learning, di antaranya adalah Learning
Starts With a Question, Video Critic dan Modelling The Way. Adapun faktor
pendukung dalam pelaksanaan metode Active Learning ini adalah adanya alat dan
media pembelajaran yang memadai, tingkat kecerdasan siswa di kelas tersebut yang
lebih baik daripada kelas lainnya serta keadaan kelas yang nyaman. Sedangkan faktor
penghambatnya adalah kurangnya dorongan semangat dan motivasi dari guru,
sehingga siswa kurang berkon sentrasi selama proses pembelajaran.
|
---|