PENGARUH PEMENUHAN FASILITAS SEKOLAH DAN PERSEPSI SISWA MENGENAI STRATEGI PEMBELAJARAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 GABUS GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui “Adakah pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari Pemenuhan Fasilitas Sekolah dan Persepsi Siswa Mengenai Strategi Pembelajaran Guru terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaran bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Gabus Groboga...

Olles dieđut

Furkejuvvon:
Bibliográfalaš dieđut
Váldodahkki: MUTMAYANA , DEWI
Materiálatiipa: Oahppočájánas
Giella:English
English
Almmustuhtton: 2010
Fáttát:
Liŋkkat:https://eprints.ums.ac.id/8824/
Fáddágilkorat: Lasit fáddágilkoriid
Eai fáddágilkorat, Lasit vuosttaš fáddágilkora!
Govvádus
Čoahkkáigeassu:Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui “Adakah pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari Pemenuhan Fasilitas Sekolah dan Persepsi Siswa Mengenai Strategi Pembelajaran Guru terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaran bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Gabus Grobogan Tahun Pelajaran 2009/2010?”. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 1 Gabus Grobogan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gabus Grobogan tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 357 siswa. Sampel diambil sebanyak 36 siswa dengan teknik Quota Purposive Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda, uji keberartian regresi linear ganda, dan perhitungan sumbangan relatif dan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah: “Ada pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari Pemenuhan Fasilitas Sekolah dan Persepsi Siswa mengenai Strategi Pembelajaran Guru terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Gabus Grobogan Tahun Pelajaran 2009/2010” dengan Freg > Ftabel yaitu, 15,351 > 3,285. Variabel pemenuhan fasiltias sekolah memberikan sumbangan relatif sebesar 58,0% dan sumbangan efektif 27,9%. Variabel persepsi siswa mengenai strategi pembelajaran guru memberikan sumbangan relatif sebesar 42,0% dan sumbangan efektif 20,3%. Berdasarkan besarnya sumbangan relatif dan efektif diketahui bahwa variabel pemenuhan fasilitas sekolah memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap motivasi belajar dibandingkan variabel persepsi siswa mengenai strategi pembelajaran guru.