PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR Pkn SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar Pkn pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010. 2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar Pkn pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakart...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: SETIAWAN , HERU
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
出版事項: 2010
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/8809/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar Pkn pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010. 2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar Pkn pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010. 3) pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar Pkn pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta yang berjumlah 228 siswa. Sampel diambil sebanyak 35 orang siswa dengan teknik Quota Purposive Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh positif yang berarti perhatian orang tua terhadap prestasi belajar Pkn pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,771 > 2,037. 2) Ada pengaruh positif yang berarti motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar Pkn pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,264 > 2,037. 3) Ada pengaruh positif yang berarti perhatian orang tua dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar Pkn siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010. Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F) diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 11,298 > 3,295. 4) Variabel perhatian orang tua memberikan sumbangan relatif sebesar 43,2% dan sumbangan efektif 17,9%. Variabel motivasi belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 56,8% dan sumbangan efektif 23,5%. Dengan membandingkan nilai sumbangan relatif dan efektif nampak bahwa variabel motivasi belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar PKn dibandingkan variabel perhatian orang tua