PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III SD NEGERI BANGKLE 05 BLORA TAHUN PELAJARAN 2009/ 2010

Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran tentang (a) peningkatan keaktifan pembelajaran keterampilan berbicara, dan (b) peningkatan hasil pembelajaran keterampilan berbicara pada murid kelas III SD Negeri Bangkle 05 Blora dengan menggunakan gambar seri. Penelitian ini menggunakan Penelitian...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: RASA, HENGKY SENKLI DHANYA
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
出版事項: 2010
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/8803/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran tentang (a) peningkatan keaktifan pembelajaran keterampilan berbicara, dan (b) peningkatan hasil pembelajaran keterampilan berbicara pada murid kelas III SD Negeri Bangkle 05 Blora dengan menggunakan gambar seri. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dan hasilnya membuktikan bahwa gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Dari hari pengamatan pada siklus I diperoleh informasi bahwa dari 17 siswa, ada 59% siswa menunjukkan bahwa siswa kurang aktif dan kurang serius dalam proses pembelajaran, sedangkan siklus II terdapat 31%, dan siklus III hanya terdapat 18% siswa yang masih kurang aktif dan kurang serius dalam proses pembelajaran keterampilan berbicara. Sementara itu, dari hasil pengamatan pada penilaian keterampilan berbicara dari 17 siswa, pada siklus I diperoleh informasi ada 6 atau 35,3% siswa yang sudah tuntas dalam pembelajaran keterampilan berbicara, sedangkan siklus II terdapat 10 atau 62,5% siswa, dan siklus III terdapat 14 atau 82,4% siswa yang telah tuntas dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Dengan demikian dapat diajukan rekomendasi bahwa melalui penggunaan media gambar seri dalam proses pembelajaran berbicara, maka keterampilan berbicara siswa kelas III SD Negeri Bangkle 05 Blora Tahun Pelajaran 2009/2010 akan meningkat.