PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KOMPETENSI DASAR SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DENGAN MENGGUNA KAN METODE CTL KELAS V SDN 3 MOJO KECAMATAN ANDONG KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran tentang (a) peningkatan kualitas proses pembelajaran IPA (b) peningkatan kualitas hasil pembelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri 3 Mojo dengan menggunakan metode CTL. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas...

Mô tả đầy đủ

Đã lưu trong:
Chi tiết về thư mục
Tác giả chính: PRATIWI , RETNA AMBAR
Định dạng: Luận văn
Ngôn ngữ:English
English
Được phát hành: 2010
Những chủ đề:
Truy cập trực tuyến:https://eprints.ums.ac.id/8795/
Các nhãn: Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
_version_ 1804116587689541632
author PRATIWI , RETNA AMBAR
author_facet PRATIWI , RETNA AMBAR
author_sort PRATIWI , RETNA AMBAR
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran tentang (a) peningkatan kualitas proses pembelajaran IPA (b) peningkatan kualitas hasil pembelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri 3 Mojo dengan menggunakan metode CTL. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dan hasilnya membuktikan bahwa metode CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa Mata Pelajaran IPA. Dari hari pengamatan pada siklus I diperoleh informasi bahwa dari 22 siswa, ada 41% siswa yang menunjukkan bahwa siswa kurang aktif dan kurang serius dalam proses pembelajaran, sedangkan siklus II terdapat 32,2% dan siklus III hanya terdapat 13,6% siswa yang masih kurang aktif dan kurang serius dalam proses pembelajaran IPA. Sementara itu, dari hasil pengamatan pada peniliain IPA dari 22 siswa, pada siklus I diperoleh informasi ada 13 atau 59,1% siswa yang sudah tuntas dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, sedangkan siklus II terdapat 19 atau 86,4% siswa, dan siklus III semua diatas KKM siswa yang telah tuntas dalam pembelajaran IPA Kompetensi Dasar Sistem Pencernaan Manusia 100%. Dengan demikian dapat di simpulkan penggunaan metode CTL dalam proses pembelajaran IPA Kompetensi Dasar Sistem Pencernaan Manusia siswa kelas V SD Negeri 3 Mojo Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2009 / 2010 dapat meningkatkan belajar siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8795
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8795 https://eprints.ums.ac.id/8795/ PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KOMPETENSI DASAR SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DENGAN MENGGUNA KAN METODE CTL KELAS V SDN 3 MOJO KECAMATAN ANDONG KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010 PRATIWI , RETNA AMBAR L Education (General) Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran tentang (a) peningkatan kualitas proses pembelajaran IPA (b) peningkatan kualitas hasil pembelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri 3 Mojo dengan menggunakan metode CTL. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dan hasilnya membuktikan bahwa metode CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa Mata Pelajaran IPA. Dari hari pengamatan pada siklus I diperoleh informasi bahwa dari 22 siswa, ada 41% siswa yang menunjukkan bahwa siswa kurang aktif dan kurang serius dalam proses pembelajaran, sedangkan siklus II terdapat 32,2% dan siklus III hanya terdapat 13,6% siswa yang masih kurang aktif dan kurang serius dalam proses pembelajaran IPA. Sementara itu, dari hasil pengamatan pada peniliain IPA dari 22 siswa, pada siklus I diperoleh informasi ada 13 atau 59,1% siswa yang sudah tuntas dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, sedangkan siklus II terdapat 19 atau 86,4% siswa, dan siklus III semua diatas KKM siswa yang telah tuntas dalam pembelajaran IPA Kompetensi Dasar Sistem Pencernaan Manusia 100%. Dengan demikian dapat di simpulkan penggunaan metode CTL dalam proses pembelajaran IPA Kompetensi Dasar Sistem Pencernaan Manusia siswa kelas V SD Negeri 3 Mojo Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2009 / 2010 dapat meningkatkan belajar siswa. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8795/1/A510081007.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8795/2/A510081007.pdf PRATIWI , RETNA AMBAR (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KOMPETENSI DASAR SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DENGAN MENGGUNA KAN METODE CTL KELAS V SDN 3 MOJO KECAMATAN ANDONG KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A510081007
spellingShingle L Education (General)
PRATIWI , RETNA AMBAR
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KOMPETENSI DASAR SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DENGAN MENGGUNA KAN METODE CTL KELAS V SDN 3 MOJO KECAMATAN ANDONG KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KOMPETENSI DASAR SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DENGAN MENGGUNA KAN METODE CTL KELAS V SDN 3 MOJO KECAMATAN ANDONG KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KOMPETENSI DASAR SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DENGAN MENGGUNA KAN METODE CTL KELAS V SDN 3 MOJO KECAMATAN ANDONG KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_fullStr PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KOMPETENSI DASAR SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DENGAN MENGGUNA KAN METODE CTL KELAS V SDN 3 MOJO KECAMATAN ANDONG KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KOMPETENSI DASAR SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DENGAN MENGGUNA KAN METODE CTL KELAS V SDN 3 MOJO KECAMATAN ANDONG KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_short PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KOMPETENSI DASAR SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DENGAN MENGGUNA KAN METODE CTL KELAS V SDN 3 MOJO KECAMATAN ANDONG KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_sort peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipa kompetensi dasar sistem pencernaan manusia dengan mengguna kan metode ctl kelas v sdn 3 mojo kecamatan andong kabupaten boyolali tahun pelajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8795/
work_keys_str_mv AT pratiwiretnaambar peningkatanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranipakompetensidasarsistempencernaanmanusiadenganmenggunakanmetodectlkelasvsdn3mojokecamatanandongkabupatenboyolalitahunpelajaran20092010