UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MODEL PEMBELA JARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI MENCARI PASANGAN TENTANG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SAMPAI DENGAN 50 PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 01 JUNGKE TAHUN 2009/2010
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika melalui model pembelajaran kooperatif dengan strategi mencari pasangan tentang perkalian dan pembagian bilangan sampai dengan 50 di kelas II SDN 01 Jungke Tahun 2009/2010. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan ke...
Gardado en:
Autor Principal: | |
---|---|
Formato: | Thesis |
Idioma: | English English |
Publicado: |
2010
|
Subjects: | |
Acceso en liña: | https://eprints.ums.ac.id/8793/ |
Tags: |
Engadir etiqueta
Sen Etiquetas, Sexa o primeiro en etiquetar este rexistro!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika melalui model pembelajaran kooperatif dengan strategi mencari pasangan tentang perkalian dan pembagian bilangan sampai dengan 50 di kelas II SDN 01 Jungke Tahun 2009/2010.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri 01 Jungke tahun 2009/2010 dengan jumlah siswa sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi/pengamatan, dokumentasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verivikasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran koorperatif dengan strategi mencari pasangan tentang perkalian dan pembagian bilangan sampai dengan 50 setelah dilaksanakan tindakan kelas. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil belajar siswa yang diperoleh siswa meningkat. Peningkatan hasil belajar siswa tampak dari pembelajaran pada kondisi awal atau pra siklus dan sesudah dilakukan tindakan kelas. Pada hasil pembelajaran kondisi awal atau Pra Siklus dari 24 siswa masih terdapat 15 siswa atau 52 % belum tuntas, sedangkan siklus I yang belum tuntas menurun tinggal 11 siswa atau 45 %, pada siklus II terdapat tinggal 5 siswa atau 21 % dan siklus III telah mencapai taraf tuntas secara keseluruhan 100%. Dengan demikian hipotesis tindakan yang dirumuskan dapat terjawab, bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dengan strategi mencari pasangan dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang konsep perkalian dan pembagian bilangan sampai dengan 50, siswa kelas II SD Negeri 01 Jungke.
|
---|