PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) MATERI KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 GEDONG KECAMATAN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian terdi...

Olles dieđut

Furkejuvvon:
Bibliográfalaš dieđut
Váldodahkki: HARTANTI, SRI
Materiálatiipa: Oahppočájánas
Giella:English
English
Almmustuhtton: 2010
Fáttát:
Liŋkkat:https://eprints.ums.ac.id/8789/
Fáddágilkorat: Lasit fáddágilkoriid
Eai fáddágilkorat, Lasit vuosttaš fáddágilkora!
Govvádus
Čoahkkáigeassu:Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian terdiri dari tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif analitis, yang terdiri dari langkah-langkah berupa klasifikasi data, penafsiran data, evaluasi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data nilai hasil belajar siswa pada materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia diperoleh data ketuntasan belajar siswa adalah 36%, pada siklus kedua ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 76%, dan pada siklus ketiga ketuntasan belajar siswa mencapai 100%. Pada siklus ketiga semua siswa telah memperoleh nilai hasil belajar sesuai dengan KKM yaitu 7,0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode STAD (Student Team Achievement Divisions) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 02 Gedong pada materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia.