UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG TUMBUHAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN OUT DOOR STUDY BAGI SISWA KELAS II DI SD NEGERI CEMARA DUA NO.13 SURAKARTA TAHUN 2009/2010

Pemilihan judul ini berdasarkan pengalaman di lapangan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang Tumbuhan, nilai rata-ratanya masih di berkisar 7,9. Pemahaman siswa terhadap tumbuhan yang sebenarnya juga masih sangat kurang. Melalui metode pembelajaran out door study diharapkan siswa...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: Widayanti, Ninik Ika
格式: Thesis
語言:English
English
出版: 2010
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/8779/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Pemilihan judul ini berdasarkan pengalaman di lapangan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang Tumbuhan, nilai rata-ratanya masih di berkisar 7,9. Pemahaman siswa terhadap tumbuhan yang sebenarnya juga masih sangat kurang. Melalui metode pembelajaran out door study diharapkan siswa akan lebih mudah dalam mengatasi masalah yang ada dalam pembelajaran IPA. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan penerapan metode pembelajaran out door study dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang tumbuhan pada siswa kelas II.C SD Negeri Cemara Dua No.13 Surakarta ? Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan yaitu metode pembelajaran out door study. Penelitian tindakan ini ditempuh dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan serta refleksi. Tindakan dalam tiap siklus dilakukan dengan menggunakan dua metode pembelajaran yang berbeda. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN Cemara Dua No.13 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010 yang terdiri dari 51 siswa. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian kelas ini adalah dengan menggunakan metode pembelajaran out door study dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang tumbuhan.