UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 03 KUTO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR SEMESTER I 2009/2010

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : apakah penggunaan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas III semester I Sekolah Dasar Negeri 03 Kuto tahun pelajaran 2009/2010. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SD 03 KUTO yang b...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: KUSMIYATUN , TITIK
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
出版事項: 2010
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/8774/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : apakah penggunaan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas III semester I Sekolah Dasar Negeri 03 Kuto tahun pelajaran 2009/2010. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SD 03 KUTO yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi.Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif. . Hasil analisis datanya adalah : perolehan nilai siswa kelas III SD Negeri 03 Kuto selalu mengalami peningkatan dari satu siklus ke siklus berikutnya, yaitu 6,65 pada pra siklus menjadi 6,907 pada siklus I, 7, 181 pada siklus II dan 7.554 pada siklus III. Hal itu mengindikasikan adanya peningkatan hasil belajar siswa terhadap materi Pendidikan Kewarganegaraan. Jadi sesuai keseluruhan siklus yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.