PENGUNAAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn TENTANG NILAI JUANG DALAM PROSES PERUMUSAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA PADA SISWA KELAS VI SDN PANDEAN 02 KEC. GROGOL KAB. SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Model pembelajaran Simulasi dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VI SDN Pandean 02 yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, sehingaa metode yang digunakan dalam penelitian ini ada...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: Gayatri , Ikha Dewi Dyah
格式: Thesis
語言:English
English
出版: 2010
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/8755/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Model pembelajaran Simulasi dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VI SDN Pandean 02 yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, sehingaa metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode proses. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari 3 siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan, yaitu : Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, observasi dan interpretasi ,analisis dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah Guru dan siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Pandean 02 tahun 2009/2010 yang terdiri dari 26 siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan cara melaksanakan test untuk mengukur prestasi belajar PKn dan observasi/pengamatan langsung di kelas dalam pembelajaran dengan metode simulasi. Dalam pelaksanaanya setiap siklus diperoleh data yang menunjukan adanya peningkatan prestasi rata-rata pembelajaran siswa setelah memperoleh pembelajaran dengan menggunakan metode simulasi dari 62,85 pada siklus I menjadi 68 Pada siklus II dan menjadi 73 pada siklus III. Berdasarkan data di atas maka dalam Penelitian Tindakan Kelas ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pembelajaran Simulasi dapat meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Pandean 02 Tahun 2009/2010.