VARIASI PENATAAN KELAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD N 02 LEMAHBANG KECAMATAN JUMAPOLO

Latar belakang skripsi ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan metode angket. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan motivas...

Cur síos iomlán

Sábháilte in:
Sonraí bibleagrafaíochta
Príomhchruthaitheoir: WIYANTI , SRI
Formáid: Tráchtas
Teanga:English
English
Foilsithe / Cruthaithe: 2010
Ábhair:
Rochtain ar líne:https://eprints.ums.ac.id/8743/
Clibeanna: Cuir clib leis
Níl clibeanna ann, Bí ar an gcéad duine le clib a chur leis an taifead seo!
Cur síos
Achoimre:Latar belakang skripsi ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan metode angket. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan motivasi belajar siswa kelas IV jika dilaksanakan variasi pengelolaan kelas yang baik yang mampu mempengaruhi motivasi belajar dan hasil belajar IPS siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak 3 siklus. Tiap satu siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data secara deskriptif dan kualitaif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah prosentase tingkat kreativitas guru dalam mengelola kelas adalah 37 % pada siklus I, 66 % pada siklus II, dan 84 % pada siklus III. Prosentase motivasi belajar siswa selama proses pembelajaran 30 % pada siklus I, 61 % pada siklus II dan 77 % pada siklus III. Dari nilai rata-rata kemampuan siswa sebelum tindakan diperoleh nilai rata-rata 45,5. Nilai rata-rata siswa setelah dilakukan tindakan adalah 57,4 pada siklus I, 68,6 pada siklus II dan pada siklus III memperoleh nilai rata-rata 78,5. Berdasarka hasil penelitian yang dilakukan melalui PTK dapat disimpulkan bahwa tindakan pada siklus I sampai siklus III menunjukkan bahwa dengan kreativitas guru dalam mengelola kelas dapat meningkatkan motivasi siswa dalam proses pembelajaran sehingga dapat mempengaruhi peningkatan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 02 Lemahbang Kecamatan Jumapolo.