PENINGKATAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN BERHITUNG DI TK GIRIWONO 2

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial anak dalam pembelajaran berhitung yang meliputi: 1) mengetahui kemampuan sosial anak usia dini sangat berpengaruh dalam permainan berhitung, 2) mengetahui penguasaan konsep, transisi dan lambang bilangan dalam pembelajaran berhitung. Subye...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: SUHARYANI , LILIS
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
出版事項: 2010
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/8734/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial anak dalam pembelajaran berhitung yang meliputi: 1) mengetahui kemampuan sosial anak usia dini sangat berpengaruh dalam permainan berhitung, 2) mengetahui penguasaan konsep, transisi dan lambang bilangan dalam pembelajaran berhitung. Subyek yang melakukan penelitian adalah kepala TK, guru kelas B dan peneliti serta subyek yang menerima tindakan adalah semua siswa kelas B yang berjumlah 14 anak. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, penugasan. Hasil penelitian kemampuan sosial anak dalam permainan berhitung mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebanyak (15 %), pada siklus I menjadi (21,43 %), siklus II sebanyak (35,71 %) dan siklus III sebanyak (21,43%). Keterampilan siswa dalam menyelesaikan kegiatan menghubungkan angka dan gambar juga mengalamji kenaikan sebelum tindakan 14 % pada siklus I sebanyak (21,43 %) pada siklus II sebanyak (28,57 %) dan pada siklus III mempunyai kenaikan sama pada siklus II yaitu (28,57 %). Kesimpulan dari peneliti menyimpulkan bahwa melalui pemberian tugas berhitung dalam kemampuan sosialnya meningkat.