PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di KB dan TKIT Mutiara Hati Klaten)

Penguasaan bahasa Inggris anak usia dini perlu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan penguasaan bahasa Inggris anak usia dini adalah dengan memanfaatkan media audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan p...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: SHOFA, MILA FAILA
格式: Thesis
语言:English
English
出版: 2010
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/8733/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Penguasaan bahasa Inggris anak usia dini perlu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan penguasaan bahasa Inggris anak usia dini adalah dengan memanfaatkan media audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris anak usia dini melalui pembelajaran dengan memanfaatkan media audio visual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B di KB dan TKIT Mutiara Hati Klaten tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, test, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris anak melalui pembelajaran dengan memanfaatkan media audio visual, yakni sebelum tindakan 40,62 %, siklus I mencapai 68,12 %, siklus II mencapai 81,64 %, dan siklus III mencapai 84,73 %. Pembelajaran dengan memanfaatkan media audio visual juga didukung oleh metode lain yakni pemberian tugas dan permainan. Metode ini mempunyai peranan yang cukup penting dalam peningkatan penguasaan bahasa Inggris anak karena dapat membantu meminimalkan permasalahan yang dihadapi pada saat pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemanfaatan media audio visual dapat meningkatkan penguasaan bahasa Inggris anak usia dini.