UPAYA GURU DALAM MEMBIMBING KEMANDIRIAN ANAK TAMAN KANAK-KANAK (STUDI KASUS DI TK DHARMA WANITA DOYONG KECAMATAN MIRI KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2009/2010)
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah bahwasanya keadaan anak yang kurang percaya diri dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di TK dengan bimbingan dari guru yang sesuai menghasilkan kemampuan dan potensi yang dimiliki anak berkembang. Karena guru TK dihadapan anak sangat berwibawa...
-д хадгалсан:
Үндсэн зохиолч: | |
---|---|
Формат: | Дипломын ажил |
Хэл сонгох: | English English |
Хэвлэсэн: |
2010
|
Нөхцлүүд: | |
Онлайн хандалт: | https://eprints.ums.ac.id/8721/ |
Шошгууд: |
Шошго нэмэх
Шошго байхгүй, Энэхүү баримтыг шошголох эхний хүн болох!
|
Тойм: | Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah bahwasanya keadaan anak yang kurang percaya diri dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di TK dengan bimbingan dari guru yang sesuai menghasilkan kemampuan dan potensi
yang dimiliki anak berkembang. Karena guru TK dihadapan anak sangat berwibawa, anak merasa diperhatikan dan dibesarkan hatinya sehingga anak berusaha untuk berkembang.
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam membimbing kemandirian Anak Taman Kanak-Kanak dan mengetahui apa latar belakang guru melakukan bimbingan kemandirain di TK Dharma Wanita Doyong Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2009/2010.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru dalam membimbing kemandirian anak Taman Kanak-Kanak dan mengetahui alasan guru dalam upaya membimbing kemandirian anak Taman Kanak-Kanak di TK Dharma Wanita Doyong Kecamatan Miri Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2009/2010.
Metode penelitian menggunakan metode deskriptif termasuk dalam penelitian studi kasus untuk mengetahui secara mendalam tentang suatu gejala.
Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Dengan teknik analisis data menggunakan tahap deskriptif, analisis, interpretasi, evaluasi dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini ditarik kesimpulan bahwa upaya guru dalam membimbing kemandirian anak Taman Kanak-Kanak di TK Dharma Wanita
Dhoyong dengan kesabaran dan penuh kasih sayang mengetahui karakter yang dimiliki anak dengan memperhatikan pola pikir dan pemahaman anak, pelaksanaan bimbingan terintegrasi dengan pembelajaran, pelaksanaannya terbatas, dilaksanakan pada masa bermain, melibatkan teman sebaya, melibatkan
orang tua. Hasilnya anak dapat menyelesaikan masalahnya sendiri tanpa tergantung dengan orang lain. |
---|