PENINGKATAN PENALARAN MORAL ANAK USIA DINI MELALUI PEMBERIAN DONGENG PEWAYANGAN PADA KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA KLEWOR KEMUSU BOYOLALI

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bahwa pemberian dongeng pewayangan dapat meningkatkan penalaran moral. Dapat diketahui pada prosentase anak saat mendengarkan dongeng dan aspek-aspek penalaran moral yang dapat meningkatkan penalaran moral. Subyek penelitian ini adalah guru TK B bekerja sama de...

Olles dieđut

Furkejuvvon:
Bibliográfalaš dieđut
Váldodahkki: PERMATANINGRUM , DESY LIA
Materiálatiipa: Oahppočájánas
Giella:English
English
Almmustuhtton: 2010
Fáttát:
Liŋkkat:https://eprints.ums.ac.id/8715/
Fáddágilkorat: Lasit fáddágilkoriid
Eai fáddágilkorat, Lasit vuosttaš fáddágilkora!
Govvádus
Čoahkkáigeassu:Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bahwa pemberian dongeng pewayangan dapat meningkatkan penalaran moral. Dapat diketahui pada prosentase anak saat mendengarkan dongeng dan aspek-aspek penalaran moral yang dapat meningkatkan penalaran moral. Subyek penelitian ini adalah guru TK B bekerja sama dengan peneliti yang melaksanakan tindakan kelas dan obyek penelitian adalah anak TK Dharma Wanita Klewor kelompok B sebagai penerima tindakan. Teknik pengumpulan data untuk mendapatkan keterangan-keterangan sehubungan dengan penelitian tersebut, sehingga diperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada penelitian ini analisis data dilakukan dengan metode alur yaitu reduksi data, paparan data dan penyimpulan hasil analisis. Hal-hal yang ditingkatkan dalam penelitian ini meliputi aspek-aspek : menyebutkan mana yang salah dan benar pada suatu persoalan, berani bertanya secara sederhana, dan mau mengemukakan pendapat secara sederhana. 1) menyebutkan mana yang salah dan benar pada suatu persoalan 88,46% atau 23 anak, 2) berani bertanya secara sederhana 73,08% atau 19 anak, 3) mau mengemukakan pendapat secara sederhana 76,92% atau 20 anak